Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Sebabkan 70 Orang Hilang

Kompas.com - 11/01/2011, 08:46 WIB

BRISBANE, KOMPAS.com - Jumlah orang hilang setelah banjir bandang menyapu mobil-mobil di jalan-jalan kota Toowoomba di timur laut Australia meningkat menjadi lebih dari 70 orang, Senin. Dari jumlah itu, delapan orang dipastikan tewas, kata polisi di negara bagian  Queensland.

Banjir terakhir yang melanda Toowoomba, sekitar 125 kilometer di sebelah barat ibukota negara itu, Brisbane, dan sejumlah daerah lain di selatan. Queensland Police Service memastikan, 72 orang kini hilang di wilayah Toowoomba dan Lockyer Creek, dan Chantelle Rule-Murphy, juru bicara Manajemen Darurat Queensland, mengatakan, delapan orang kini telah dipastikan meninggal.

Toowoomba merupakan kota terbesar di pedalaman Queensland, sebuah wilayah yang terguncang salah satu banjir terburuk dalam sejarahnya saat ini. Pihak berwenang di sana melakukan beberapa operasi pencarian dan penyelamatan, dan militer Australia telah mengerahkan empat helikopter untuk upaya itu, kata Rule-Murphy.

"Banyak tempat dalam siaga tinggi dan kami masih memperkirakan banyak hujan, jadi kami masih belum keluar dari kondisi terburuk," kata juru bicara polisi Queensland, Ben Tracy, seperti dikutip CNN.

Sejak 30 November lalu, banjir musiman di Queensland telah menyebabkan sungai-sungai meluap sehingga melewati tepinya dan mencatat rekor tertinggi. Sedikitnya 200.000 orang telah terkena dampak banjir itu, dan hujan lebat diperkirakan akan terus terjadi Selasa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com