Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Nikmatnya Sup Gangan

Kompas.com - 11/01/2011, 08:08 WIB

KOMPAS.com — Setelah seharian berwisata mengelilingi pulau-pulau yang sangat indah di Belitung, tentu saja perut kami sangat lapar. Dari pagi kami sudah mengelilingi Pulau Batu Berlayar, Pulau Pasir, Pulau Lengkuas, dan sorenya kami sempat memancing di tengah-tengah laut, lho.

Sekitar jam 18.00 barulah kami sampai di tepi Pantai Tanjung Tinggi dan sempat istirahat sebentar di warung untuk sekadar minum teh dan ganti pakaian. Selanjutnya, kami langsung menuju Restoran Pandan Laut di Tanjung Pandan untuk makan malam.

Perjalanan dari Pantai Tanjung Tinggi ke Restoran Pandan Laut sekitar 20 menit. Karena kami ikut tur, segala sesuatunya sudah di persiapkan, termasuk pemilihan menu makanan. Kali ini sudah dihidangkan menu ikan bakar, udang arak, sop gangan (rempah kuning), dan kangkung polos.

Karena menunya sudah dipesan terlebih dahulu, begitu kami sampai di restoran, tidak lama kemudian makanan sudah siap. Kami coba ikan bakarnya, lalu udang arak, dan kali ini kami menemukan masakan khas Belitung, yaitu sup gangan atau sup rempah kuning. Jadi, isinya kepala ikan ketarap, nanas, jeruk, kunyit, dan kuah dari beraneka macam rempah-rempah sehingga rasanya agak asam dan terasa segar.

Semuanya makan dengan lahap. He-he, tak usah heran karena seharian kami pergi dan pastinya kecapekan. Ditambah pula makanannya enak-enak, wah, tambah lahap deh kami makan malam. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com