Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sup Jagung Kepiting Khas Belitung

Kompas.com - 10/01/2011, 16:01 WIB

KOMPAS.com — Masih dalam tur kami di Pulau Belitung, setelah capek main seharian di pantainya yang eksotis itu, kini tiba saatnya untuk makan malam. Perut sudah keroncongan, sudah waktunya cari makan-makanan enak, hmm.... Makan seafood enak kali ya.

Mas Dendy, tour guide kami, menyarankan untuk makan di Bukit Berahu. Langsung deh kita meluncur ke Bukit Berahu meskipun tempatnya agak terpencil, tetapi pasti tidak sulit untuk dicari. Sebab, restoran ini terletak di atas Hotel Bukit Berahu. Anda tinggal tanya penduduk, mereka pasti tahu.

Restorannya cukup nyaman dan lumayan besar, menu-menu yang disajikan juga cukup beragam. Kami pesan Sup Jagung Kepiting, Ikan Kakap Asam Manis, Udang Goreng Tepung, dan Kangkung Terasi. Menu yang kami pesan pun sesuai dengan rekomendasi Mas Dendy, kami percaya saja deh sama tour guide-nya karena yang direkomendasikan pasti enak-enak.

Sup Jagung Kepiting-nya datang terlebih dahulu sebagai menu pembuka. Wah, porsinya banyak sekali, bisa untuk lima orang saya rasa. Aroma Sup Jagung Kepiting-nya membuat saya tidak sabar untuk cepat-cepat menyantapnya. Slurrpp.... uenak tenan. Daging kepiting banyak, jagungnya juga manis ... lezat banget. Belum lagi ditambah taburan bawang goreng yang membuat aroma sop ini jadi makin harum.

Berikutnya datang si Ikan Kakap Asam Manis, penyajiannya sangat menggoda. Pertama saya cicipi dulu kuah asam manisnya, perpaduan rasa asam dan manisnya pas banget, lezat. Daging ikan kakapnya juga enak, dibuat fillet yang digoreng tepung, kemudian disiram kuah asam manis.... Mantap.

Udang Goreng Tepung-nya juga enak, udangnya segar dan enak banget dimakan dengan sambalnya. Kemudian, jangan lupa sayurnya Kangkung Terasi. Pastinya memakai terasi khas Belitung, ini juga enak dan rasanya agak pedas. Top deh Bukit Berahu. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com