Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mi Fatta dan Nasi Tim Belitung

Kompas.com - 10/01/2011, 07:48 WIB

KOMPAS.com - Hari ini adalah hari terakhir kunjungan kami di Belitung. Hmm makan apa lagi ya? Makanan khas yang cuma ada di Belitung. Akhirnya saya tanya ke Mas Dendi, tour guide kami. Dendi menyarankan untuk makan Mi Fatta. Katanya terkenal dan enak. Oke deh, kita cobain yuk.... Tanpa berpikir lama-lama, kami langsung meluncur ke sana. Mi Fatta, here we come ...

Tidak susah kok untuk mencari Mi Fatta, lokasinya ada di Jl. Sriwijaya nomor 27, Belitung. Rumah makannya masih terkesan sedikit kuno dan sederhana, dan berada di sebuah ruko dengan meja yang hanya ada beberapa buah saja. Tapi, jangan under estimate dulu dengan rasanya hehe...

Mi Fatta adalah salah satu Mi Belitung yang cukup terkenal di kalangan para wisatawan. Saya pesan satu deh, teman saya pesan Nasi Tim Ayamnya.  Ternyata rumah makannya lumayan rame lho. Dan sambil menunggu minya matang, saya nyemil emping yang ada di meja. Tidak lama kemudian, datang juga mi dan nasi tim kami. Wahh keliatannya enak sekali lho minya.

Mi Fatta berwarna kuning dan diberi topping tahu, kentang, taoge dan disiram kuah kecokelatan yang agak kental. Kemudian diberi emping sebagai pelengkapnya. Nyam nyam.... saya tidak sabar untuk mencobanya. Kita coba suapan pertama, .... hmmm, rasanya enak juga. Minya kenyalnya pas dan bumbu kuahnya juga lezat.

Coba ya saya beri sambal supaya lebih mantap. Kemudian saya aduk-aduk, ... slurrpp... wah jadi lebih mantap nih rasanya. Awalnya memang biasa saja rasanya, tapi begitu diberi sambal rasaya jadi enak banget.

O iya kami juga mencoba menu lainnya, yaitu Nasi Tim Ayam. Rasanya enak lho, apalagi di campur dengan kuahnya yang lezat. Waktu kami makan, ada beberapa orang yang beli nasi tim untuk dibungkus juga. Nasi Tim Ayam memang enak untuk dimakan dalam segala suasana.

Berkunjung ke Belitung, belum lengkap rasanya kalau belum makan Mi Fatta, karena ini salah satu tempat makan favorit bagi wisatawan, dan merupakan mi khas Pulau Belitung.  (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com