Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Digoyang Gempa 5,1 SR

Kompas.com - 08/01/2011, 22:02 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) melanda provinsi Fars, Iran Selatan, Sabtu (8/1/2011). Gempa tersebut mencederai 11 orang dan merusak beberapa desa.

Gempa kedua, yang sebelumnya melanda Provinsi Fars sejak Rabu (5/1/2011), itu menghantam kota Nourabad pukul 15:54 waktu setempat (07:24 WIB). "Sebelas orang cedera, delapan orang dirawat dan dibebaskan," kata sumber televisi pemerintah di laman internetnya mengutip pusat manajemen bencana.

Iran terletak di lokasi yang rentan gempa dan sering dilanda bencana alam itu, banyak diantaranya menimbulkan korban jiwa dan properti. Pada hari Rabu lalu, 16 orang cedera dan 17 desa hancur ketika gempa berkekuatan 5,3 SR melanda daerah Ardakan, Fars. Gempa pada 21 Desember di provinsi Kerman, Iran Tenggara, bahkan menewaskan tujuh orang, menghancurkan beberapa desa dan menyebabkan aliran listrik putus.

Gempa yang paling banyak menelan korban jiwa dalam waktu belakangan ini adalah yang berkekuatan 6,3 SR yang melanda kota Bam, Iran selatan, Desember 2003. Gempa tersebut menewaskan 31.000 orang atau sekitar seperempat penduduk kota itu dan menghancurkan waduk tua kota itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com