Jenderal Gaek Laos Meninggal

Kompas.com - 07/01/2011, 15:47 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Suku minoritas Hmong asal Laos menjadi lawan tangguh bagi kelompok komunis Vietnam dan Laos. Kala itu, masa Perang Vietnam pada 1960-1970.

Adalah Jenderal Vang Pao dari suku tersebut yang menjadi sosok di barisan depan saat beradu tempur dengan komunis. Pao tercatat menjadi sekutu Badan Intelijen AS (CIA). Ia pun menjadi orang nomor satu dalam pasukan rahasia beranggotakan ratusan tentara dari suku Hmong binaan CIA itu.

Kini, menurut warta AFP, Jumat (7/1/2011), Vang Pao meninggal dunia. Pao meninggal dalam usia 81 tahun di kawasan San Francisco, AS. "Ia meninggal hari ini," kata juru bicara Clovis Community Medical Center, tempat Pao dirawat. 

Vang Pao bertolak ke AS pada 1975 setelah pemerintahan komunis Laos berkuasa. Ia memperoleh hak untuk bertempat tinggal di AS.   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.