Kabinet Kuba Dirombak

Kompas.com - 07/01/2011, 14:12 WIB
EditorEgidius Patnistik

HAVANA, KOMPAS.com - Presiden Kuba, Raul Castro, Kamis, mengumumkan perombakan pos-pos penting pada kabinetnya. Ia membebaskan seorang veteran revolusi Kuba dan memecat menteri lain.

Ramiro Valdes, seorang veteran politbiro berusia 78 tahun, dibebastugaskan dari jabatannya sebagai menteri informatika dan komunikasi, tetapi tetap dipertahankan untuk mengurusi konstruksi portofolio kementerian itu dalam tindakan yang tidak selalu dilihat sebagai penurunan jabatan. Valdes, yang berjuang bersama pemimpin revolusi Fidel Castro dalam serangan terhadap Barak Moncada pada tahun 1953 adalah mantan menteri dalam negeri dan wakil perdana menteri.

Menteri Konstruksi Fidel Figueroa telah dicopot dari jabatannya untuk "kesalahan komitmen dalam pekerjaannya," demikian menurut pernyataan yang dibacakan di televisi negara, yang tidak dijelaskan lebih jauh.

Sejak menerima alih kekuasaan dari saudaranya Fidel Castro yang sakit pada tahun 2006, Raul Castro membuat sekitar 30 perubahan kabinet Kuba.  Raul Castro, 79 tahun, telah mengusulkan pencapaian ekonomi jauh lebih luas yang mencakup pengurangan  satu juta pegawai pemerintah, dan  mendorong beberapa investasi asing baru serta mengurangi campur tangan pemerintah terhadap pasar.

Reformasi, yang terlihat dilakukan untuk memangkas subsidi negara dan merancang pembentukan sistem pajak, yang membuat guncangan  dramatis dari sebuah model ekonomi yang telah bertahan dua dekade sejak Uni Soviet bubar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.