Papan Nama Desa Wisata Diperbarui

Kompas.com - 05/01/2011, 22:01 WIB
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pascaerupsi Gunung Merapi yang terjadi 26 Oktober 2010, banyak papan nama petunjuk arah  Desa Wisata di lereng selatan Merapi wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), rusak dan tidak bisa dikenali lagi segera akan diperbarui.

"Selain sudah rusak dan usang, papan nama yang ada sebelumnya kurang mendukung informasi potensi Desa Wisata setempat," kata  Kepala Seksi  Program Informasi Dinas Pariwisata Provinsi DIY, Setyawan KE, di Yogyakarta, Rabu (5/1/2011).

Menurut dia, papan nama petunjuk arah Desa Wisata di kawasan lereng Gunung Merapi bagian selatan itu di antaranya Kelor, Garongan, Srowolan, Turgo dan Pentingsari  memerlukan perhatian khusus, sehingga dalam waktu dekat  beberapa papan nama petunjuk arah ke Desa Wisata tersebut akan diganti dengan ukuran dan desain yang lebih menarik.

"Selain dibuat dengan ukurannya lebih besar maka papan nama baru dipasang di lima titik desa wisata ini dimaksudkan sebagai  upaya untuk mempercepat pemulihan pariwisata khususnya desa wisata di lereng Merapi," katanya.

Menurut Setiawan, pembuatan papan nama  baru lokasi desa wisata ini sekaligus sebagai bentuk kepedulian Dinas  Pariwisata Provinsi DIY untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke Provinsi DIY khususnya  ke Kabupaten Sleman. "Pascaerupsi Gunung Merapi beberapa waktu lalu, minat wisatawan mengunjungi ke sejumlah  desa wisata di wilayah Kabupaten Sleman semakin meningkat jumlahnya," kata Setyawan.

Sejumlah  papan nama petunjuk desa wisata yang dibuat baru itu nantinya akan berisi informasi mengenai lokasi dan potensi desa wisata setempat. "Dengan demikian, wisatawan yang berkunjung akan mendapat informasi yang lebih detail, lengkap dan akurat di beberapa desa wisata tersebut," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.