Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Bangun Gerbang Penghambat

Kompas.com - 05/01/2011, 10:54 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com — Angkatan Darat Israel mulai membangun pintu gerbang di jalan masuk ke beberapa desa Palestina untuk membatasi aksi protes mingguan terhadap blokade Tepi Barat, kata saksi mata, Selasa (4/1/2011).

Saksi mata tersebut mengatakan, Angkatan Darat Israel mulai meninggikan tanah dan menempatkan beton di jalan yang menuju beberapa desa di sekitar kota Ramallah. "Para tentara itu akan membangun gerbang besi dan memperkuatnya dengan kawat berduri," kata Salah al-Khawaja, seorang penggagas aksi protes terhadap blokade semen yang mulai dibangun Israel di sepanjang Tepi Barat tahun 2002.

"Gerbang itu akan memperjauh jarak antara desa dan kota Palestina dan mereka menargetkan para peserta aksi protes yang semakin mendapat dukungan," kata Al-Khawaja kepada Xinhua. Warga berdemonstrasi di dekat Desa Al-Nabi Saleh ketika Angkatan Darat Israel memulai pengerjaan itu pada Selasa dan tentara menembakkan gas air mata dan granat kejut untuk membubarkan massa, menurut saksi mata.

Pekan lalu seorang wanita Palestina tewas akibat gas yang ia hirup ketika pasukan Israel membubarkan demonstrasi terhadap tembok pemisah dekat Ramallah. Israel mengatakan, mereka tengah menyelidiki kematian wanita itu. Otoritas Nasional Palestina (PNA) mendukung aksi protes yang juga melibatkan aktivis Israel dan pro-Palestina internasional, sebagai bagian dari strategi mereka untuk menerapkan perlawanan tanpa kekerasan terhadap pembangunan tembok dan permukiman Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com