"Sega Jamblang" Mang Dul Bikin Kangen

Kompas.com - 04/01/2011, 07:29 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com — Nasi jamblang itu makanan khas dari Cirebon. Kalian pasti pernah dengar tentang nasi jamblang. Tapi, nasi jamblang yang ada di Jakarta rasanya biasa-biasa semua. Kalian harus cobain nasi jamblang asli Cirebon, ya di mana lagi kalau bukan di Kota Cirebon. Ya bolehlah sekali-kali jalan-jalan untuk menyusuri daerah pantura, mampir ke Kota Cirebon untuk nyobain nasi jamblang Mang Dul yang terkenal seantero Cirebon, dijamin kalian pasti takjub. He-he-he... takjub melihat cara mereka berjualan, dan takjub dengan rasanya.

Pasti bikin kalian kangen untuk makan nasi jamblang lagi. Waktu gue ke Cirebon kemarin gue sempet-sempetin makan di Mang Dul. Kangen dengan rasa masakannya. Begitu masuk, wow...masih saja ramai seperti dulu. Lauknya ditata di wadah yang berjajar-jajar. Banyak macamnya, ada tahu kuah, sate kerang, perkedel kentang, telur rendang, telur kuah, telur dadar, ikan jambal roti, sambal, dan masih banyak lagi.

Dan jangan lupa nasinya. Ini yang unik karena nasinya dibungkus dengan daun jati, bukan dengan daun pisang. Di Mang Dul, satu orang bisa pesan 3-5 nasi sekaligus. Iya, karena nasinya dibungkus kecil-kecil. Terus lebih baik makan pagi, jangan makan siang. Karena kalau siang, lauknya sudah habis.

Terus pesen gue, jangan putus asa karena kadang kita harus mengucapkan berulang-ulang kepada pelayannya untuk mengambilkan apa yang kita mau. Jadi kita memilih langsung lauknya, tinggal bilang ke pelayannya. Dan karena terlalu ramai, kadang pelayannya kelimpungan untuk meladeni para pelanggannya. Tapi, itu biasa di Mang Dul, seru!

Dulu sewaktu gue dan keluarga tinggal di Cirebon, sering banget gue dan bokap makan ke Mang Dul. Dan sekarang bisa makan lagi di Mang Dul bersama beliau, hmmm... seperti nostalgia. Meskipun suasananya hiruk-pikuk karena ramai pengunjung, bisa makan bareng lagi ama bokap sambil bernostlagia, hmmm... rasanya sangat menyenangkan.

O iya satu lagi... makanan di sini murah banget, teman saya yang orang Jakarta sampai takjub. Makan segitu banyaknya, plus pesan dibungkus untuk dibawa pulang (untuk 8 orang), total tidak sampai Rp 100.000. Sampai dia bilang begini, "Murah amat, segini banyaknya cuman Rp 100.000, pakai kembalian pula". Ha-ha-ha...penjaga kasirnya sampai tertawa geli. Jadi kangen ke Cirebon lagi. (Ita)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.