Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,1 SR Guncang Cile

Kompas.com - 03/01/2011, 08:24 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 7,1 skala Richter mengguncang Cile tengah, Minggu (2/1/2011) pukul 17.21 waktu setempat atau Senin pukul 03.21 WIB, seperti dilaporkan Pusat Jaringan Keadaan Darurat China.

Menurut pusat darurat itu, gempa terjadi di kedalaman 30 kilometer, 38,2 derajat Lintang Selatan, dan 73,3 derajat Bujur Barat. Pusat gempa berada sekitar 590 km dari kota Santiago.

Sementara menurut US Geological Survey, gempa tersebut terjadi pukul 17.20 waktu setempat. Pusat gempa berada pada kedalaman 16,9 km dan 70 km di sebelah utara kota Temuco serta sekitar 595 km di sebelah selatan Santiago. Laporan pertama menyatakan, gempa mengakibatkan terputusnya pasokan listrik, yang membuat warga khawatir.

Pada 27 Februari 2010, gempa dengan kekuatan 8,8 skala Richter mengguncang bagian tengah dan selatan Cile. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 500 orang serta membuat 800.000 orang kehilangan tempat tinggal.

"Sampai saat ini kami tak memiliki laporan mengenai korban cedera. Tak ada kerusakan, hanya saluran telepon dan sebagian pasokan listrik terputus. Kami terus memantau keadaan," kata Vicente Nunez, kepala kantor penanganan kondisi darurat di negeri itu, Onemi.

Ia mengatakan, kemungkinan tsunami di sepanjang garis pantai Pasifik telah dikesampingkan. Ia juga mendesak warga pantai yang telah bergegas ke tempat lebih tinggi agar pulang ke rumah. "Kami telah memberitahu rakyat agar kembali ke rumah mereka sebab tak ada siaga tsunami," katanya. Ia menambahkan, gempa yang cukup besar terjadi dengan kekuatan 5,0 skala Richter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com