Kepiting Bakar Asap Randusanga

Kompas.com - 03/01/2011, 06:33 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Pernah dengar tentang enaknya kepiting asap? Beberapa bulan lalu, ayah saya pulang membawa kepiting asap. Hmm..., awalnya saya tidak terlalu tertarik, tetapi begitu saya coba bumbunya, waaahhh enak sekali, agak pedas dan terasa wangi daun kemangi. Bumbunya sangat menggugah selera makan saya.

Ketika beberapa hari lalu saya ke Cirebon, Jawa Barat, saya ajak ayah saya makan di Randusanga, Brebes, Jawa Tengah, karena saya masih penasaran dengan tempatnya dan ingin mencicipi kepiting asap yang masih panas. Kepiting asap yang kami makan waktu itu berasal dari rumah makan Bapak Slamet, yaitu Gusti Cafe. Randusanga terletak di Kompleks Pariwisata PARIN Brebes. Tidak sulit menemukan lokasinya. Ada papan petunjuk yang menunjukkan jalan masuk ke Gusti Cafe ini.

Dari jalan raya Brebes-Tegal, nanti ada papan petunjuk "Seafood Gusti" dengan tanda panah, masuk ke jalan gang sekitar 1 kilometer menuju taman wisata Randusanga. Tenang, jalannya cukup untuk dilalui mobik, kok.

Sepanjang jalan masuk banyak rumah makan yang menyajikan kepiting asap, tetapi kami tetap pada tujuan, Gusti Cafe. Untuk mencapainya, kami harus masuk daerah wisata Randusanga terlebih dahulu. Tiket masuknya hanya Rp 1.500 per orang. Begitu masuk daerah wisata ini, langsung terlihat pantai utara dan pasir hitamnya. He-he..., bukan pasir putih lho..., tetapi cukup bersih, kok.

Begitu sampai, Bapak Slamet langsung menyapa ayah saya dan kami ngobrol sebentar sambil dia merekomendasikan beberapa menu andalannya. Pak Slamet menyarankan kepiting asap (pastinya), udang bakar madu, kepiting saus padang, dan ikan kanang bakar. Yup, kami pesan semua yang dia rekomendasikan. Namun, khusus kepiting asap, kami pesan dua ekor karena kami sudah tahu kelezatannya. O, iya, ada juga bandeng lumpur, tetapi kami tidak sempat mencobanya karena sudah terlalu banyak lauknya.

Begitu kepiting asap kami datang, saya langsung mencobanya. Satu kata untuk kepiting asapnya, uenaaaak! Kepiting yang dipilih Pak Slamet ini berukuran sedang. Jadi, dagingnya sangat segar dan manis.

Menurut saya, ini kepiting paling enak yang pernah saya makan. Kepiting saus padangnya pun sangat enak, pedas, dan segar. Udang bakar madunya top banget. Apalagi ikan kanang bakarnya, lezat.... Wah, saya kehabisan kata-kata nih untuk menggambarkan enaknya seafood di tempat Pak Slamet ini. Silakan Anda coba sendiri. Harganya pun sangat terjangkau. (Ita)  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.