Pyongyang Serukan Jalan Damai

Kompas.com - 03/01/2011, 04:01 WIB
Editor

SEOUL, MINGGU - Mengawali tahun baru 2011, pihak Korea Utara melontarkan sebuah seruan dan sikap yang membingungkan lantaran sama sekali berkebalikan dengan apa yang selama ini selalu mereka tunjukkan kepada negara tetangganya, Korea Selatan.

Seruan mengejutkan Korut disampaikan melalui pernyataan bersama lewat tajuk rencana tiga media surat kabar corong pemerintah Korut, yang menandai momen tutup tahun kemarin. Dalam editorial itu Korut menyebutkan pentingnya kedua negara menempuh jalan damai dan dialog dalam menuntaskan krisis di Semenanjung Korea.

Selain itu, Korut juga mengingatkan, krisis berkepanjangan yang berujung pada perang antarkedua Korea justru hanya akan menciptakan malapetaka nuklir (nuclear holocaust), yang sangat mungkin melibatkan negara-negara lain di dunia.

Seruan dan sikap baru Korut tersebut diyakini sangat membingungkan, apalagi beberapa waktu lalu Korut baru saja mengeluarkan ancaman ke Korsel, dengan menyatakan diri siap menggelar sebuah ”perang suci” menggunakan kekuatan senjata nuklir demi menghancurkan musuh-musuhnya.

Dalam editorial ketiga surat kabar tersebut juga disebutkan, konfrontasi antarkedua Korea harus segera bisa diredakan melalui jalan dialog dan kerja sama, yang secara proaktif dipromosikan oleh kedua negara. Menurut Korut, tahun ini merupakan saat yang tepat untuk menggelar lebih banyak kampanye damai demi memperbaiki hubungan.

”Tahun ini kita harus menggelar kampanye yang lebih terarah demi memperbaiki hubungan kedua Korea. Upaya aktif juga harus dilakukan demi menciptakan suasana yang mendukung proses dialog dan kerja sama tadi, dengan menempatkan kepentingan bersama setiap negara di atas segalanya,” begitu yang tertulis dalam editorial tadi.

Sudah sejak lama Korut memang dikenal dengan sikapnya yang sulit ditebak dan tidak dapat diperkirakan.

(AFP/THE TELEGRAPH/DWA)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.