Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Gereja di Mesir Ditingkatkan

Kompas.com - 02/01/2011, 17:31 WIB

ALEXANDRIA, KOMPAS.com - Pemerintah daerah Alexandria, Mesir, meningkatkan pengamanan di sekitar gereja menyusul aksi peledakan bom yang terjadi di depan Gereja Koptik Kristen di Alexandria, Sabtu (1/1/2011).

"Kami fokus pada pengamanan gereja," kata Wali Kota Alexandria, Adil Labib, kepada stasiun TV pemerintah, Nile TV, Minggu (2/1/2010).

Hasil investigasi sementara, pelaku bom bunuh diri dinyatakan tewas dalam aksi terorisme tersebut. Sementara itu, bom yang menewaskan setidaknya 21 orang dan melukai sekitar 70 orang itu dikatakan merupakan bom rakitan.

Saat ini, kendati lokasi peledakan ditutup, namun banyak pemrotes yang berkumpul di sekitar lokasi ledakan. Pusat Studi Islam tertua di Mesir, Al-Azhar, beberapa saat setelah peledakan tersebut, sempat mengeluarkan pernyataan yang pada intinya mengutuk aksi terorisme tersebut.

"Ini adalah tindakan kriminal yang tak dapat dibenarkan oleh agama apa pun. Islam menentang tindak kekerasan yang dilakukan di rumah ibadah. Umat Muslim pun wajib menjaga dan melindungi rumah-rumah ibadah Muslim dan non-Muslim," katanya.

Sebelumnya, pada November 2010 lalu, kelompok yang mengklaim memiliki kaitan dengan jaringan al-Qaeda, menyatakan bahwa umat Kristiani di Timur Tengah adalah target penyerangan yang sah. Sesaat setelah pernyataan tersebut, pihak kepolisian Mesir memastikan bahwa pengamanan di gereja-gereja ditingkatkan. Pengamanan ekstra juga diberikan kepada pimpinan gereja-gereja Koptik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com