Gereja Dibom, Palestina Berduka

Kompas.com - 02/01/2011, 16:29 WIB
EditorErlangga Djumena

GAZA, KOMPAS.com - Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Sabtu mengirimkan ucapan belasungkawa kepada timpalannya Presiden Mesir Hosni Mubarak atas ledakan di dekat Gereja Koptik Kristen di Alexandria yang menewaskan 21 orang dan melukai 79 lainnya.

Ledakan itu terjadi setelah Misa Tahun Baru pada saat para jemaah meninggalkan gereja itu. Tidak ada warga Rusia yang menjadi korban dalam ledakan itu, kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Kepolisian Mesir meyakini ledakan di dekat Gereja Koptik Kristen tersebut dilakukan oleh seorang pelaku bom bunuh diri. Dalam sebuah telegram kepada Presiden Mesiritu, Abbas menyebut peristiwa itu sebagai "tindakan menjijikkan dan kejam bertujuan untuk menghancurkan keamanan dan stabilitas persaudaraan di Mesir dan mengaduk kebencian antara Muslim dan Kristen."

Abbas juga mengirim telegram belasungkawa kepada Paus Shenouda III dari Aleksandria. Sementara itu jumlah orang yang cedera dalam ledakan tersebut telah mencapai 97, dan 21 lainnya dilaporkan hilang, kata Kementerian Kesehatan Mesir Sabtu.

Seorang juru bicara Kementerian Kesehatan Mesir mengatakan bahwa informasi mengenai korban baru dari ledakan itu mungkin muncul segera setelah semua yang terkena dampak ledakan dikirim ke rumah sakit yang berbeda. Tiga orang dengan luka parah dibawa ke rumah sakit terbaik di Kairo karena mereka perlu operasi canggih.

Pemimpin internasional, termasuk Presiden AS Barack Obama, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Katherine Ashton, juga mengutuk ledakan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.