Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Kristen Bentrok Lawan Polisi Mesir

Kompas.com - 02/01/2011, 04:13 WIB

KOMPAS.com — Umat Kristiani bentrok dengan aparat kepolisian di sebelah utara Kota Alexandria, Mesir, Sabtu (1/1/2011), setelah sebuah bom bunuh diri mengguncang misa malam Tahun Baru di gereja dan menewaskan sedikitnya 21 orang.

Seperti dilansir AP, Minggu (2/1/2011), peristiwa ini merupakan kekerasan terparah yang menimpa kelompok minoritas umat Kristen di negara itu.

Kementerian Dalam Negeri Mesir menyatakan, elemen luar yang bertanggung jawab atas kejadian itu, sementara Gubernur Alexandria menuduh Al Qaeda yang jaringannya berada di Irak dan sering melakukan serangkaian serangan teror kepada umat Kristen serta mengancam komunitas Kristen Ortodoks Koptik.

Selama ini Mesir selalu menyatakan bahwa jaringan kelompok teroris tidak pernah ada secara signifikan di negara itu dan tidak pernah dikaitkan dengan serangkaian serangan di negara tersebut. Namun, jika Al Qaeda terlibat, ini akan melahirkan sejumlah prospek akan adanya ancaman keamanan serius di negara itu.

Ledakan bom tersebut terjadi setengah jam setelah pergantian Tahun Baru dan melahirkan ketegangan baru yang sudah lama terjadi antara Kristen dan Muslim di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com