Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Meledak di Gereja, 7 Tewas

Kompas.com - 01/01/2011, 13:20 WIB

ALEXANDRIA, KOMPAS.com — Sebuah mobil yang bermuatan bom meledak di depan Gereja Al Qidiseen di Alexandria, Mesir, sebagaimana dilansir BBC.co.uk, Sabtu (1/1/2011). Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan, tujuh umat tewas dalam insiden itu, sedangkan 24 lainnya menderita luka-luka.

Belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas ledakan tersebut. Para korban baru saja usai mengikuti misa Tahun Baru ketika bom meledak. Jumlah korban diperkirakan akan terus meningkat.

Aksi peledakan bom itu membuat umat Kristiani marah. Mereka langsung mendatangi masjid terdekat dan melempar kitab suci ke jalanan. Tak hanya itu, para umat pun sempat terlibat baku hantam dengan penduduk Muslim setempat.

Wali Kota Alexandria Adel Labib, melalui siaran televisi, mengakui adanya ancaman penyerangan terhadap gereja-gereja di Alexandria. Labib berjanji, pihak berwajib akan segera mengungkap kasus tersebut.

Setelah ledakan, para umat tampak berdoa di depan bangkai mobil yang diyakini bermuatan bahan peledak tersebut.

"Kami akan mengorbankan jiwa dan darah kami untuk Salib," kata umat.

Alexandria, kota kedua terbesar di Mesir dengan populasi empat juta penduduk, memiliki sejarah kekerasan sektarian di masa lampau. Pada 2006, kelompok Kristiani dan Muslim saling baku hantam selama beberapa hari. Hal ini dipicu oleh penusukan terhadap umat Kristiani dengan menggunakan pisau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com