Harian "Jyllands-Posten" Nyaris Diserang

Kompas.com - 30/12/2010, 11:08 WIB
EditorBenny N Joewono

KOPENHAGEN, KOMPAS.com — Pada Rabu (29/12/2010) polisi menangkap lima orang yang diduga merencanakan untuk menyerang surat kabar Denmark yang telah menghina umat Islam pada 2005 dengan kartun Nabi Muhammad SAW.

Polisi keamanan PET Denmark mengatakan, para tersangka masuk ke sebuah blok kantor di Kopenhagen yang menampung beberapa surat kabar, termasuk kantor harian Jyllands-Posten, untuk membunuh sebanyak mungkin orang di sekitar itu.

"Atas dasar penyelidikan, penilaian PET adalah bahwa para tahanan itu sedang mempersiapkan serangan teror terhadap sebuah surat kabar, yang menurut informasi PET adalah Jyllands-Posten," jelasnya.

"Demikian juga pendapat PET bahwa serangan itu akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang."

Jyllands-Posten adalah koran yang pertama memublikasikan kartun tersebut, yang memicu kemarahan umat Islam sedunia.

Menteri kehakiman Denmark mengatakan, orang-orang yang ditahan itu memiliki latar belakang kelompok Muslim garis keras dan menilai rencana tersebut adalah yang paling serius di Denmark sejauh ini.

"Tiga dari para para tahanan itu adalah warga Swedia. Empat orang ditangkap di Denmark dan satu orang di Swedia," kata juru bicara kehakiman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X