Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Havana, Surga Pecinta Mobil Klasik

Kompas.com - 29/12/2010, 15:35 WIB

HAVANA, KOMPAS.com — Havana terkenal dengan cerutu dan cerita perjuangan tokoh revolusi Che Guevara. Tapi, ketika Anda mendatangi ibu kota Kuba itu, ada pemandangan unik. Negeri yang sempat dipimpin Fidel Castro (sekarang adiknya, Raul Castro) merupakan surga pencinta mobil-mobil klasik ala muscle car asal Amerika Serikat yang tenar pada era 1950-1960.

Sebut saja Chevrolet Bel Air, Buick Rivera, Chevrolet Biscayne, Ford Galaxie, atau Mercury Monterey, semuanya setiap hari berlalu lalang di jalan-jalan utama Havana. Menariknya, mobil-mobil berbodi gambot itu digunakan sebagai taksi untuk mengantar turis keliling kota.

Beberapa kendaraan koleksi ini mendapatkan sentuhan modifikasi ala hot rod. Ada juga yang masih mempertahankan orisinalitas seperti velg, spion, sampai emblem sama seperti bawaan pabrik.

"Saya mendengar mobil-mobil di Havana sangat spesial. Kalau Anda penggemar mobil era 1950-an, Havana menjadi ibu kotanya," ujar Stan Papior, seorang turis yang juga wartawan Autocar Inggris, dan tengah melancong ke tempat ini.

Nah, bagi Anda maniak mobil klasik dan tengah memburu bahan untuk dijadikan koleksi, pastikan diri untuk berkunjung ke Havana. Tentunya dalam perjalanan Anda perlu bantuan pemandu lokal untuk urusan tawar-menawar. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com