Rusia Juga Lumpuh karena Salju

Kompas.com - 29/12/2010, 11:46 WIB
EditorEgidius Patnistik

MOSKOWA, KOMPAS.com - Ratusan penumpang terdampar di dua bandara di Moskowa sejak hujan es dan badai salju menyebabkan puluhan penerbangan dibatalkan atau ditunda sejak akhir pekan. Presiden Rusia, Dmitry Medvedev, menurut kantor pers Kremlin, telah memerintahkan jaksa agung negara itu, Selasa (28/12), untuk memeriksa operasi bandara Moskowa dan perusahaan-perusahaan terkait demi memastikan bahwa mereka mematuhi sepenuhnya undang-undang tentang transportasi udara dan pelayanan penumpang.

Presiden Medvedev turun tangan ketika gangguan lalulintas udara dan kekacauan di dua bandara terbesar di Moskowa, Domodedovo dan Sheremetyevo, menjadi berita terkemuka di Rusia. Beberapa jaringan televisi menyajikan perkembangan berkala dari bandara yang penuh sesak oleh orang-orang yang tengah dalam perjalanan liburan Tahun Baru, yang agenda liburannya jadi berantakan karena cuaca buruk. Orang-orang itu juga mengeluhkan kondisi yang buruk, kacau, kurangnya informasi di dua bandara itu. Banyak orang tidur di lantai dan beberapa menyatakan mereka tidak menerima bantuan medis yang mereka minta. Kantor-kantor berita Rusia melaporkan, telah terjadi baku hantam antara penumpang yang frustrasi dengan para petugas bandara.

Di Bandara Domodedovo, listrik akhirnya menyala kembali setelah pemadaman listrik total dan penutupan bandara itu hari Minggu. Para manajer di Domodedovo mengatakan, mereka berencana untuk memulihkan operasi bandara itu hingga mencapai kondisi normal dalam 24 jam dan mengejar ketinggalan jadwal. Lebih dari 95 penerbangan ditunda atau dibatalkan selama dua hari terakhir, dan puluhan lagi terpengaruh Selasa pagi, kata para pejabat bandara.

Para pejabat bandara Sheremetyevo melaporkan, hampir 60 penerbangan ditunda Senin. Namun lebih 100 penerbangan berhasil dilakukan dan situasi secara bertahap membaik.

Gangguan lalulintas udara di Moskowa sebagian besar disebabkan oleh hujan yang membeku, yang merupakan fenomena langka di Rusia tengah. Akibatnya, semua permukaan tanah tertutup lapisan es tebal yang berkilauan. Pepohonan dan tiang listrik roboh karena ada beban tambahan dari es dan jalan berubah menjadi arena olah raga sepatu roda.

Hari Selasa ada laporan tentang gangguan lalulintas udara di sejumlah kota lain di Rusia. Karena aliran listrik putus, lebih dari 39.000 orang di 250 kota dan desa-desa di sekitar Moskowa hidup tanpa listrik dan air, demikian menurut laporan para pejabat setempat.  Di kota Moskowa, petugas darurat bekerja sepanjang waktu untuk memperbaiki ratusan kabel listrik yang rusak dan membersihkan jalan-jalan dari pohon tumbang berlapis es.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.