Giliran Kanada Dilanda Badai Salju

Kompas.com - 28/12/2010, 10:04 WIB
EditorEgidius Patnistik

NEW YORK, KOMPAS.com — Wilayah timur laut AS, Senin (27/12/2010) sore, mulai bebas dari badai salju hebat yang menyebabkan bandara-bandara di New York ditutup dan transportasi darat yang sangat diandalkan jutaan wisatawan lumpuh. Badai salju yang mulai melanda wilayah itu Minggu pagi mereda pada Senin sore waktu setempat, ketika langit biru akhirnya muncul kembali dan menerangi wilayah yang tertutup salju dan es, jalan raya yang sepi, mobil yang terdampar, dan transportasi umum yang masih gagap.

Walau badan cuaca AS mengakhiri peringatan badai salju untuk wilayah timur laut AS, badai itu tidak benar-benar sirna. Wilayah Kanada di sepanjang pantai Atlantik kini berada dalam badai salju dan terpaan angin kencang. Para pejabat di Kanada timur mengatakan, badai itu telah membawa sejumlah besar salju dan memaksa terjadinya pembatalan penerbangan dari Fredericton dan Moncton. Sekitar 40.000 rumah di daerah itu pun mengalami aliran listrik yang terputus.

Badan cuaca Kanada mengatakan, "Angin dengan embusan melebihi 90 kilometer per jam akan menyebabkan sebaran salju yang luas, yang akan mengurangi jarak pandang hingga mendekati nol di wilayah itu." Beberapa daerah bahkan berisiko mengalami angin kencang hingga 150 kilometer per jam.

Sementara itu, di wilayah metropolitan New York, aktivitas bisnis dan aneka layanan kota perlahan-lahan kembali normal setelah hampir 24 jam lumpuh. Tiga bandara utama di kota itu juga sedang berjuang untuk pulih. Bandara Internasional La Guardia dibuka lagi pada Senin sore, menyusul Bandara Internasional John F Kennedy, kata Badan Penerbangan Federal (FAA). Bandara Internasional Newark di New Jersey adalah yang terakhir yang dibuka kembali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.