Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Bercadar Bunuh Diri, 40 Tewas

Kompas.com - 28/12/2010, 06:22 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Seorang wanita yang tertutup dalam burka dari kepala hingga kaki telah melakukan pengeboman bunuh diri dan menewaskan lebih dari 40 orang di Pakistan.

Penggunaan wanita sebagai pengebom mungkin akan memperumit upaya pasukan keamanan Pakistan untuk membendung gelombang serangan bunuh diri yang meluas karena akan lebih sulit untuk melihat dan mencari penyerang yang memakai burka (cadar) dalam masyarakat suku yang konservatif.

Pengeboman pada Sabtu lalu itu menunjukkan kemampuan ulet gerilyawan untuk menyerang meskipun ada serangan militer terhadap mereka.

Wanita itu meledakkan dirinya di tengah kerumunan laki-laki, perempuan, dan anak-anak yang menuju ke arah pusat pendistribusian pangan Program Pangan Dunia (WFP) di wilayah Bajaur di perbatasan Afganistan.

"Pada awalnya ada kebingungan mengenai apakah penyerangnya itu seorang pria atau seorang wanita, tapi sekarang kami telah menentukan bahwa (itu) adalah wanita," kata pejabat senior pemerintah Sohail Ahmed.

Beberapa pejabat pemerintah di Bajaur mengatakan, mereka telah menemukan kepala, burka, dan pakaian pengebom itu.

Peristiwa 2007

Pada 2007 silam, seorang wanita juga meledakkan bom di dekat sebuah pos pemeriksaan militer di kota Peshawar di Pakistan barat laut pada 2007, tetapi ia tidak menewaskan seorang pun kecuali dirinya.

Pada Sabtu, wanita itu awalnya melemparkan granat kepada orang-orang yang menuju ke arah pusat pangan untuk menerima bantuan sebelum meledakkan dirinya. Sebanyak 43 orang tewas dan lebih dari 60 orang terluka dalam serangan itu.

"Jika gerilyawan menggunakan wanita lagi untuk serangan seperti itu maka akan menjadi problem yang sangat besar bagi pasukan keamanan," kata Rahimullah Yusufzai, seorang pakar mengenai masalah suku dan gerilyawan.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com