Rusia Bangun 10 Pusat Pemantau di Arktik

Kompas.com - 27/12/2010, 11:31 WIB
EditorEgidius Patnistik

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com - Kementerian pelayanan darurat Rusia berencana untuk membangun 10 pusat pemantau operasi dan keamanan jaringan pipa minyak serta gas di pantai Arktik, kata Menteri Keadaan Darurat Rusia, Sergei Shoigu, Senin (27/12).

"Salah satu masalah di Kutub Utara adalah keselamatan saluran pipa minyak dan gas yang dibangun di lapangan beku. Pencairan (pada musim semi dan musim panas) menyebabkan deformasi lapisan bumi dan akibatnya, menyebabkan kebocoran, pecah serta ledakan di pipa," kata  Shoigu dalam sebuah wawancara dengan televisi Rusia 1.

"Kami telah memutuskan untuk membangun  sepuluh pusat layanan darurat di sepanjang pantai di Kutub Utara," katanya. "Mereka akan menggabungkan meteorologi, penyelamatan dan bahkan pelayanan petugas penjaga perbatasan, semua yang diperlukan untuk mengatasi situasi darurat," ucapnya.

Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Denmark dan Norwegia berupaya untuk menegaskan yurisdiksi atas bagian dari Arktik, yang diyakini kaya minyak dan gas.

Deposit hidrokarbon besar akan menjadi lebih mudah diakses, karena meningkatnya suhu global yang menyebabkan penurunan es laut. Kemudahan akses ke sumber daya alam yang belum dimanfaatkan dari Kutub Utara, dipastikan akan mengarah pada pembangunan puluhan pipa baru dan membutuhkan pemantauan yang terkoordinasi dengan baik antara ekplorasi  minyak dan  gas di wilayah tersebut. Shoigu mengatakan, teknologi keamanan yang paling canggih akan digunakan dalam pembangunan jaringan pipa di Arktik mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X