Pantai Timur AS Bersiap Hadapi Badai

Kompas.com - 27/12/2010, 07:26 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com - Cuaca teramat dingin berliku-liku mendekati Pantai Timur Amerika Serikat hari Minggu (26/12) mengancam mendatangkan badai salju ke New York City dan New England. Sementara beberapa negara bagian di selatan menetapkan keadaan darurat karena badai salju menyebabkan tabrakan-tabrakan di jalan yang licin.

Mengantisipasi badai itu, ratusan penerbangan di sepanjang koridor timur laut—termasuk pula bandara-bandara utama Newark dan JFK Newark. Kesengsaraan perjalanan dimulai sehari sebelumnya di beberapa bagian selatan, di mana Natal bersalju datang dengan laporan-laporan puluhan tabrakan mobil.

Di Washington DC para pejabat perhubungan mempersiapkan 200 truk garam dan peralatan-peralatan lain untuk menghadapi salju setinggi 15 sentimeter atau lebih yang diperkirakan akan jatuh di kawasan Mid-Atlantic.

Kawasan timur laut diperkirakan akan paling terpukul badai itu. Para ahli meteorologi mengeluarkan sebuah peringatan badai salju bagi New York City untuk hari Minggu dan Senin.

Sebuah peringatan badai salju juga diberlakukan bagi Rhode Island dan sebagian besar Massachusetts bagian timur, termasuk Boston. Sebuah peringatan badai salju dikeluarkan bahwa salju disertai angin kencang sampai 56 km per jam.

Menjelang Minggu dini hari, Maryland, Virginia, dan North Carolina menyatakan keadaan darurat.

”Kami mendesak agar sangat berhati-hati dalam perjalanan. Harap pulang ke rumah segera dan jangan bepergian kalau tidak perlu,” kata Gubernur Virginia Bob McDonnell pada televisi The Weather Channel, Sabtu malam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Badai besar itu merupakan hasil dari tekanan udara rendah yang meningkat di lepas pantai North Carolina hari Minggu pagi dan menguat menjadi badai besar ketika bergerak ke arah timur laut, demikian menurut Badan Cuaca Nasional AS.

Sistem itu memberi warga Carolina hari Natal bersalju untuk pertama kalinya dalam puluhan tahun. Columbia, South Carolina, mendapatkan Natal dengan cukup salju untuk pertama kalinya sejak catatan cuaca dibuat tahun 1887.

Polisi Patroli Jalan Raya North Carolina menyatakan Sabtu malam bahwa sebagian besar jalan di dan sekitar Asheville tertutup atau sebagian tertutup dengan salju dan es.

Juru bicara badan pengelolaan darurat Julia Jarema mengatakan, para petugas patroli jalan raya di sekitar 20 county paling barat mendapat 350 panggilan dalam 18 jam hari Sabtu. Sebagian besar panggilan itu karena adanya tabrakan.

Juru bicara Polisi Patroli Jalan Raya South Carolina, Bill Rhyne, mengatakan Sabtu malam bahwa salju mulai menutupi jalan-jalan, tetapi ada lebih sedikit kecelakaan dibandingkan pada sebuah malam normal.

”Semua orang ada di rumah,” kata juru bicara polisi ini. ”Ini Natal. Orang mendengarkan peringatan.” (AP/DI)

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.