Kapal Mavi Marmara Disambut bak Pahlawan

Kompas.com - 27/12/2010, 03:07 WIB
Editoryuli

ISTANBUL, KOMPAS.com — Mavi Marmara, kapal Turki yang pernah digempur Israel ketika menerobos blokade ke Jalur Gaza, disambut bak pahlawan oleh ribuan orang saat tiba di Istanbul, Turki, Minggu (26/12/2010).

Massa yang mengibarkan bendera-bendera Turki dan Palestina berkumpul di dermaga ketika Mavi Marmara berlabuh di Sarayburnu Istanbul setelah perbaikan yang memakan waktu lama di sebuah pelabuhan kawasan Laut Tengah.

Banyak dari massa yang berkumpul itu meneriakkan "Allah Maha Besar" ketika feri tersebut berlabuh, hampir tujuh bulan setelah penyerbuan dramatis pasukan Israel yang menewaskan sembilan aktivis Turki dan menyulut krisis diplomatik besar.

Kapal itu berusaha mengirim bantuan ke rakyat Palestina yang tinggal di Jalur Gaza. Namun, Israel menolak mengizinkannya berlayar ke wilayah pesisir yang dikepung itu dan kemudian menyerbu kapal tersebut.

Menurut pemilik feri, sebuah kelompok pejuang Turki bernama IHH, Mavi Marmara akan menjadi bagian dari sebuah armada baru yang akan menuju Gaza pada 31 Mei 2011, tepat setahun setelah serangan mematikan itu.

Menteri Luar Negeri Turki mengatakan, ia ingin melihat lembaran baru setelah sekian tahun memiliki hubungan sulit dengan Israel. Namun, negara Yahudi tersebut harus meminta maaf atas serangan terhadap kapal bantuan tadi.

Israel menjadi sorotan dunia setelah serangan mematikan terhadap armada kapal bantuan tujuan Gaza pada bulan Mei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laporan yang dikeluarkan Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada 22 September menyebutkan, ada "bukti jelas untuk mendukung penuntutan" terhadap Israel karena pembunuhan dan penyiksaan yang disengaja dalam serangan pada bulan Mei yang menewaskan sembilan aktivis Turki itu.

Israel menolak laporan tersebut dengan menyebutnya bias dan mendukung satu pihak. Mereka jug amenekankan bahwa tindakan tersebut sudah sesuai dengan hukum internasional.

Pasukan komando Israel menyerbu kapal-kapal dalam armada bantuan yang menuju Jalur Gaza pada 31 Mei. Sembilan aktivis Turki pro-Palestina tewas dalam serangan di kapal Turki, Mavi Marmara, yang memimpin armada kapal bantuan itu menuju Gaza.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.