Di Mana Santa? Tanya Michelle Obama

Kompas.com - 25/12/2010, 09:36 WIB
EditorHertanto Soebijoto

COLORADO, KOMPAS.com — Beberapa anak yang menghubungi NORAD pada malam Natal untuk bertanya soal keberadaan Santa Klaus mungkin hanya berharap dijawab dengan sebuah rekaman. Namun, beberapa anak pada malam Natal 2010 ini terkejut ketika mengetahui bahwa mereka tengah berbicara dengan Ibu Negara AS Michelle Obama.

NORAD Tracks Santa, demikian nama program tersebut, telah berjalan sejak 1955 ketika harian Colorado Springs mengajak anak-anak untuk berbicara dengan Santa. Iklan tersebut mencantumkan nomor bohongan yang sebenarnya tersambung ke Continental Aerospace Defense Command di Colorado (saat ini North American Aerospace Defense Command atau NORAD).

NORAD bermarkas di Pangkalan Udara Peterson, Colorado. Melalui NORAD, anak-anak bertanya soal keberadaan Santa Klaus. Michelle Obama sendiri menjawab telepon ini dari Hawaii, tempat dia dan keluarga Obama tengah berlibur Natal. Dari Hawaii, Ibu Negara menjawab panggilan telepon dan membalas e-mail selama 40 menit.

"Saya sangat gembira karena saya berbicara dengan Ibu Negara," kata Evan Race (10) dari Springfield, Illinois.

Race dan keluarganya berada di North Carolina untuk berlibur ketika mereka memutuskan untuk menelepon NORAD. "Saya benar-benar terkejut," kata Ana (8), yang tak lain adalah adik Race.

Dikatakan, Michelle adalah satu-satunya Ibu Negara yang pernah menjadi sukarelawan di NORAD sejak program ini berjalan 55 tahun lalu. Butuh waktu sekitar empat bulan untuk menyiapkan program ini.

"Tak kurang dari 1.200 sukarelawan, 100 pesawat telepon, 30 laptop, dan dua layar lebar disiapkan untuk program ini," kata juru bicara NORAD, Joyce Frankovis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada pula sukarelawan yang bertugas memperbarui status akun NORAD Tracks Santa melalui situs jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Semua sukarelawan ini bekerja di sebuah gedung, tak jauh dari markas NORAD.

Beberapa institusi, seperti Google, Verizon, Air Canada, Booz Allen Hamilton, turut berpartisipasi dalam program ini. Tahun lalu, NORAD Tracks Santa menjawab 74.000 panggilan telepon dan 3.500 e-mail. NORAD berharap angka tersebut meningkat pada tahun ini.

Pada hari itu, semua staf militer dan sipil mengenakan topi santa yang bertuliskan "Special Operations Elf". "Ini sangat menyenangkan," kata Jim Jenista, Wakil Kepala NORAD. Jenista telah menjadi sukarelawan selama 10 tahun. (AP)

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.