Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misa Malam Natal di Vatikan Aman

Kompas.com - 25/12/2010, 08:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemimpin Gereja Katolik, Paus Benedictus XVI memimpin Misa Malam Natal di Vatikan, Jumat (24/128/2010), di tengah peningkatan keamanan, menyusul meledaknya sebuah paket bom di Kedutaan Besar Swiss dan Cile di Roma, Italia, Kamis (23/12/2010). Ledakan tersebut melukai dua orang pekerja.

Misa berakhir dengan aman tanpa ada insiden apa pun. Beberapa kali Paus berhenti di tengah keramaian dan memberkati bayi-bayi yang diangkat ke hadapannya.

Sebelumnya, pada tahun 2009, seorang wanita melompati pembatas, lalu menabrak dan menarik Paus Benediktus XVI (82) hingga Paus jatuh ke lantai pada awal prosesi misa malam Natal di Basilika Santo Petrus, Vatican City, Kamis (24/12/2010).

Saat itu dilaporkan, Paus tidak terluka dalam insiden tersebut, tapi Kardinal Perancis Roger Etchegarya (87) menderita cedera tulang pada salah satu kakinya.

Paus roboh menimpa wanita berusia 25 tahun tersebut, tapi tidak mengalami cedera atau luka. Bahkan, pemimpin 1,1 miliar umat Katolik seluruh dunia ini langsung bangkit. Namun, Kardinal Etchegarya yang berjalan di samping Paus ikut jatuh. Kardinal tidak bisa berdiri lagi dan terpaksa dibopong ke kursi roda dan dilarikan ke rumah sakit.

Pada misa malam Natal, Paus kembali mengingat kelahiran Yesus yang diperingati sebagai Hari Natal. Paus juga meminta para umat untuk meniru semangat Kristus.

"Bantu kami untuk menyadari wajah-Mu di setiap diri orang lain yang membutuhkan bantuan kami, di setiap diri orang lain yang menderita atau terlupakan. Bantu kami untuk hidup bersama-Mu sebagai saudara, sebagai keluarga yang satu, keluarga-Mu," kata Paus. (AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com