Misa Malam Natal di Vatikan Aman

Kompas.com - 25/12/2010, 08:44 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemimpin Gereja Katolik, Paus Benedictus XVI memimpin Misa Malam Natal di Vatikan, Jumat (24/128/2010), di tengah peningkatan keamanan, menyusul meledaknya sebuah paket bom di Kedutaan Besar Swiss dan Cile di Roma, Italia, Kamis (23/12/2010). Ledakan tersebut melukai dua orang pekerja.

Misa berakhir dengan aman tanpa ada insiden apa pun. Beberapa kali Paus berhenti di tengah keramaian dan memberkati bayi-bayi yang diangkat ke hadapannya.

Sebelumnya, pada tahun 2009, seorang wanita melompati pembatas, lalu menabrak dan menarik Paus Benediktus XVI (82) hingga Paus jatuh ke lantai pada awal prosesi misa malam Natal di Basilika Santo Petrus, Vatican City, Kamis (24/12/2010).

Saat itu dilaporkan, Paus tidak terluka dalam insiden tersebut, tapi Kardinal Perancis Roger Etchegarya (87) menderita cedera tulang pada salah satu kakinya.

Paus roboh menimpa wanita berusia 25 tahun tersebut, tapi tidak mengalami cedera atau luka. Bahkan, pemimpin 1,1 miliar umat Katolik seluruh dunia ini langsung bangkit. Namun, Kardinal Etchegarya yang berjalan di samping Paus ikut jatuh. Kardinal tidak bisa berdiri lagi dan terpaksa dibopong ke kursi roda dan dilarikan ke rumah sakit.

Pada misa malam Natal, Paus kembali mengingat kelahiran Yesus yang diperingati sebagai Hari Natal. Paus juga meminta para umat untuk meniru semangat Kristus.

"Bantu kami untuk menyadari wajah-Mu di setiap diri orang lain yang membutuhkan bantuan kami, di setiap diri orang lain yang menderita atau terlupakan. Bantu kami untuk hidup bersama-Mu sebagai saudara, sebagai keluarga yang satu, keluarga-Mu," kata Paus. (AP)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.