Umat Berdatangan Sebelum Misa Terpagi

Kompas.com - 25/12/2010, 07:17 WIB
Editoryuli

JAKARTA, KOMPAS.com - Umat Nasrani dari Jakarta dan sekitarnya mulai berdatangan ke Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Sabtu (25/12/2010), untuk mengikuti misa Natal di gereja Katolik terbesar di Indonesia itu.

Mereka mulai berdatangan sebelum misa pertama dimulai pukul 06.00. Gereja Katedral menggelar lima kali misa Natal pada hari ini.

Misa pertama pada pukul 06.00 dipimpin RM Bratakartana. Misa kedua pada 07.30 oleh RM Suhardi Antara. Kemudian misa pontifikal yang dipimpin Uskup Agung akan dimulai pukul 09.00.

"Biasanya yang ramai umat pada misa pontifikal saat ada Uskup Agung," ujar petugas Humas Katedral, Hartoyo, di Gereja Katedral, Jakarta.

Misa selanjutnya pukul 11.00 dipimpin Romo Hari Sulistyo dan pukul 18.00 oleh Romo Markus Wandani. Pengamatan Kompas.com, puluhan polisi tampak berjaga di sekitar Katedral.

Mereka tampak mengatur arus lalu lintas dan arus pengunjung. Di depan Katedral, tepatnya di dekat pintu pagar Masjid Istiqlal yang berseberangan dengan Katedral, terlihat posko pengamanan kepolisian.

Pengamanan di dalam lingkungan gereja, tampak dijaga petugas gereja Katedral. "Pengamanan cukup baik, ya," ujar Hartoyo. Dikatakannya, biasanya gereja Katedral dipenuhi umat pada tiap hari raya Natal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seringkali, jumlah umat yang datang melebihi kapasitas kursi katedral yang hanya terdapat 800 kursi. Umat yang tidak mendapat kursi di dalam gereja, biasanya mengikuti misa Natal di tenda-tenda luar gereja yang disediakan panitia.

"Di luar bisa 1000 orang," kata Hartoyo. Hingga berita ini diturunkan, warga masih berdatangan untuk mengikuti misa pukul 07.30.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.