Pesan Natal dari Luar Angkasa

Kompas.com - 25/12/2010, 05:57 WIB
Editoryuli

KOMPAS.com — Para astronot yang sedang di stasiun Luar Angkasa International mengirim pesan natal lewat video. Orang-orang di Bumi bisa melihat video tersebut di Youtube.

Dalam video tersebut, Paolo Nespoli, astronot dari European Space Agency, mengatakan, "Dari atas sini, kami melihat satu dunia, satu bumi dan semua bersamaan merayakan liburan ini."

Mengiringi ucapan selamat Natal dan Tahun Baru, para astronot juga menyampaikan pesan berharga bagi warga Bumi. Mereka menggarisbawahi perlunya kebersamaan.

"Ini adalah saat yang sulit di Bumi. Tapi, ini juga saatnya kita untuk berpikir tentang kebersamaan dan cara menghargai planet ini," kata astronot Amerika, Catherine Coleman.

Para astronot yang mengirim pesan tersebut terdiri dari 6 orang. Tiga orang berasal dari Rusia, dua orang dari Amerika, dan satu orang dari Italia.

Juru bicara NASA, Kelly Humphries, mengatakan, para astronot pun akan rehat pada hari Natal. Mereka akan memakan kalkun yang direhidrasi dan menikmati liburan.

Humphries juga mengatakan, "Para astronot juga memiliki dekorasi natal di sana." Setidaknya, mereka punya miniatur dan pohon natal artifisial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stasiun luar angkasa internasional berdiri sejak 2 November 2000. Kini, stasiun tersebut telah dihuni secara permanen selama 10 tahun.

Astronot yang ada di stasiun luar itu bertugas memelihara stasiun dan melakukan penelitian ilmiah. Mereka tak lagi terisolasi sebab bisa tetap berhubungan lewat internet seperti ber-Twitter dan mengirim foto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.