Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Natal dari Luar Angkasa

Kompas.com - 25/12/2010, 05:57 WIB

KOMPAS.com — Para astronot yang sedang di stasiun Luar Angkasa International mengirim pesan natal lewat video. Orang-orang di Bumi bisa melihat video tersebut di Youtube.

Dalam video tersebut, Paolo Nespoli, astronot dari European Space Agency, mengatakan, "Dari atas sini, kami melihat satu dunia, satu bumi dan semua bersamaan merayakan liburan ini."

Mengiringi ucapan selamat Natal dan Tahun Baru, para astronot juga menyampaikan pesan berharga bagi warga Bumi. Mereka menggarisbawahi perlunya kebersamaan.

"Ini adalah saat yang sulit di Bumi. Tapi, ini juga saatnya kita untuk berpikir tentang kebersamaan dan cara menghargai planet ini," kata astronot Amerika, Catherine Coleman.

Para astronot yang mengirim pesan tersebut terdiri dari 6 orang. Tiga orang berasal dari Rusia, dua orang dari Amerika, dan satu orang dari Italia.

Juru bicara NASA, Kelly Humphries, mengatakan, para astronot pun akan rehat pada hari Natal. Mereka akan memakan kalkun yang direhidrasi dan menikmati liburan.

Humphries juga mengatakan, "Para astronot juga memiliki dekorasi natal di sana." Setidaknya, mereka punya miniatur dan pohon natal artifisial.

Stasiun luar angkasa internasional berdiri sejak 2 November 2000. Kini, stasiun tersebut telah dihuni secara permanen selama 10 tahun.

Astronot yang ada di stasiun luar itu bertugas memelihara stasiun dan melakukan penelitian ilmiah. Mereka tak lagi terisolasi sebab bisa tetap berhubungan lewat internet seperti ber-Twitter dan mengirim foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com