Ratu Mariyuana Australia Natalan di Bui

Kompas.com - 25/12/2010, 01:44 WIB
|
Editoryuli

DENPASAR, KOMPAS.com Schapelle Leight Corby, warga Australia penyelundup 4,2 kg mariyuana, harus merayakan Natal di Penjara Kerobokan, Bali, Jumat (24/12/2010) malam.

Jika biasanya Corby enggan muncul pada setiap kegiatan yang digelar Lapas Kerobokan, maka malam ini perempuan yang dijuluki Ratu Mariyuana itu tampak ceria mengikuti perayaan Natal.

Mengenakan pakaian hitam dibalut cardigan biru, wanita yang dijatuhi hukuman 20 tahun penjara ini membaur dengan narapidana Nasrani lain untuk mengikuti semua prosesi perayaan Natal. Saat para narapidana menyanyikan puji-pujian, Corby juga terlihat sesekali turut bernyanyi meski tidak hafal.

Selain Corby, tampak hadir pula narapidana Australia lainnya yang tergabung dalam kelompok Bali Nine. Mereka antara lain Andrew Chan, Myuran Sukumaran, Renae Lawrence, dan Eric Martin. Meski sebagian dijatuhi hukuman mati, mereka tetap mengikuti ibadah malam ini dengan khidmat.

Menurut Kepala Lapas Kelas II A Kerobokan, Denpasar, Siswanto sekat-sekat tembok yang membatasi gerak mereka tak menjadi halangan untuk larut dalam sukacita Natal.

“Semua warga binaan juga menikmati sukacita Natal ini seperti saudara-saudara kita yang menikmati Natal di luar,” ujar Siswanto seusai acara perayaan. "Natal ini manifestasi kegembiraan, sukacita. Biarpun mereka berada di tengah-tengah persegi tembok di tempat ini, mereka tetap mengalami sukacita yang luar biasa karena mereka mengingat keluarga masing-masing yang juga merayakan Natal.”

Di Penjara Kerobokan, dari 956 warga binaan, 139 di antaranya beragama Nasrani. Sebagai pelengkap kebahagiaan Natal, Sabtu (25/12/2010) pagi ini, Lapas Kerobokan akan memberikan remisi kepada 37 narapidana yang berkelakuan baik. Seorang di antaranya mendapat remisi bebas langsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.