Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yesus Seakan Lahir di Jawa Barat

Kompas.com - 25/12/2010, 00:28 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Yesus Kristus sang juru selamat seakan lahir di Jawa Barat, dan bukan di Betlehem, Israel. Hal ini karena Misa Kudus Malam Natal di Paroki, Santo Thomas, Kelapa Dua, Depok, mengunakan alat musik angklung saat mengumandangkan lagu-lagu Natal.

"Sepertinya Jesus lahir di Jawa Barat. Entah di Cipanas, di Cianjur, saat mendengar lagu Malam Kudus diringi angklung dan seruling tadi," ujae Pastor Christoforus Lamen Sani, pastor paroki, saat penutupan misa, Jumat (24/12/2010) malam.

Gereja Santo Thomas yang terletak dalam kompleks Brimob Kelapa Dua, Depok, ini dihadiri sekitar 3.000 umat. Acara misa malam Natal ini memang sengaja menampillkan alat musik lokal, bagian dari anjuran Konferensi Para Uskup se-Indonesia yang menganjurkan inkulturisasi dalam setiap ibadat di gereja Katolik.

Selain angklung dan seruling, misa Natal juga menampilkan kolintang dan semua penampilan ini dipersembahkan oleh sejumlah murid sekolah Katolik di Paroki Santo Thomas.

Pengunaaan alat musik lokal dan juga pakaian adat serta budaya lokal merupakan bagian dari keputusan Konsili Vatikan Ke II yang menegaskan agar gereja Katolik selalu dekat dengan budaya dan masyarakat, tempat Gereja berada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com