Yesus Seakan Lahir di Jawa Barat

Kompas.com - 25/12/2010, 00:28 WIB
Editoryuli

DEPOK, KOMPAS.com - Yesus Kristus sang juru selamat seakan lahir di Jawa Barat, dan bukan di Betlehem, Israel. Hal ini karena Misa Kudus Malam Natal di Paroki, Santo Thomas, Kelapa Dua, Depok, mengunakan alat musik angklung saat mengumandangkan lagu-lagu Natal.

"Sepertinya Jesus lahir di Jawa Barat. Entah di Cipanas, di Cianjur, saat mendengar lagu Malam Kudus diringi angklung dan seruling tadi," ujae Pastor Christoforus Lamen Sani, pastor paroki, saat penutupan misa, Jumat (24/12/2010) malam.

Gereja Santo Thomas yang terletak dalam kompleks Brimob Kelapa Dua, Depok, ini dihadiri sekitar 3.000 umat. Acara misa malam Natal ini memang sengaja menampillkan alat musik lokal, bagian dari anjuran Konferensi Para Uskup se-Indonesia yang menganjurkan inkulturisasi dalam setiap ibadat di gereja Katolik.

Selain angklung dan seruling, misa Natal juga menampilkan kolintang dan semua penampilan ini dipersembahkan oleh sejumlah murid sekolah Katolik di Paroki Santo Thomas.

Pengunaaan alat musik lokal dan juga pakaian adat serta budaya lokal merupakan bagian dari keputusan Konsili Vatikan Ke II yang menegaskan agar gereja Katolik selalu dekat dengan budaya dan masyarakat, tempat Gereja berada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.