Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misa Malam Natal Semakin Padat

Kompas.com - 24/12/2010, 21:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Misa Malam Natal kedua dan ketiga di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (24/12/2010) malam, semakin padat oleh para jemaat yang ingin beribadah.

Pada misa kedua yang dimulai pukul 19.45, ribuan jemaat terlihat lebih banyak dibandingkan misa pertama yang diadakan sore hari. Tiga ribu tempat duduk yang disediakan di dalam dan luar gereja penuh terisi. Ratusan lainnya semakin memadati area kosong gereja. Mereka memilih duduk di atas koran yang disediakan oleh panitia.

Sesuai dengan tema Natal 2010 yang diusung Gereja Katedral "Belajar dari keluarga Kudus Nasaret, Menumbuhkembangkan Kasih dalam Keluarga", khotbah yang diutarakan berpesan agar umat menjaga kasih Tuhan sejak dalam keluarga. Kasih harus ditebar sesama anggota keluarga, dengan memberikan kepedulian antara satu dengan yang lain.

Misa terakhir, yang akan dimulai pukul 22.00 malam ini, tampaknya juga akan dipadati oleh jemaat. Sejak pukul 21.00 ribuan jemaat sudah tiba dan menunggu selesainya misa kedua di halaman gereja.

Sejumlah jemaat yang dijumpai Kompas.com berharap, Natal tahun ini semakin membawa kebaikan bagi seluruh umat di dunia. "Yang terpenting dari makna Natal adalah, kita bisa berbagi kasih kepada siapapun sehingga tercipta kedamaian di bumi ini," harap Denny, salah seorang jemaat yang tengah menunggu misa ketiga.

Sementara itu, arus lalu lintas di sekitar Gereja Katedral terpantau ramai lancar. Kepadatan dan kemacetan terjadi sesaat setelah selesainya misa karena ribuan kendaraan jemaat yang diparkir di area Masjid Istiqlal meninggalkan lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com