Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Balikpapan Amankan 84 Gereja

Kompas.com - 24/12/2010, 19:49 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Polres Balikpapan mengerahkan tak kurang dari 450 personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2011 dalam Operasi Lilin 2010. Jumlah tersebut untuk memantau sekitar 84 gereja yang tersebar di seluruh Balikpapan.

"Gereja di Balikpapan ada 84 unit. Namun yang terletak di dalam kota, sekitar 56 gereja dan itu yang kami lebih fokuskan pengamanannya. Kami menempatkan aparat berseragam maupun berpakaian preman di gereja-gereja tersebut," kata Kapolres Balikpapan AKBP A Rafik, Jumat (24/12/2010).

Para petugas jaga tersebut, tak hanya dibekali senjata, tetapi juga alat metal detektor. Untuk memeriksa setiap pengunjung yang datang ke gereja. "Kami menyiapkan metal detektor bagi setiap anggota yang mengamankan gereja. Mereka akan bertugas memeriksa para pengunjung yang datang, bersama panitia gereja," ujar Rafik.

Pengamanan oleh para aparat Polres Balikpapan dilakukan selama 24 jam, mulai sehari sebelum Natal Aparat, sudah bersiaga di setiap gereja sejak hari ini. "Antisipasi sudah kita lakukan sejak hari ini. Dengan menempatkan aparat di gereja-gereja," ujar Rafik.

Tadi sore, juga telah digelar apel Operasi Lilin di area parkir Polres Balikpapan. Tak hanya aparat Polri, tetapi juga dari TNI, Satpol PP, Ormas dan OKP ikut berpatisipasi dalam pengamanan perayaan Natal. (Tribun Kaltim/Margaret Sarita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com