Umat Nasrani Bali Pasang Penjor

Kompas.com - 24/12/2010, 18:23 WIB
EditorErlangga Djumena

BADUNG.KOMPAS.com - Jika penjor atau semacam bambu hias selalu mewarnai perayaan hari raya umat Hindu, namun dalam perayaan natal ini, umat Nasrani di Kelurahan Dalung, Badung pun juga melakukan hal serupa. Sejak hari Kamis (23/12/2010) mereka telah beramai-ramai memasang penjor di halaman depan rumah mereka.

Bagi warga Nasrani di wilayah ini, memasang penjor atau “menjor” merupakan tradisi yang sudah berlangsung turun temurun sejak tahun 1935 silam. Menurut anggota Sinode Gereja Kristen Protestan Bali (GKPB) Putu Parwata, tradisi ini sebagai bentuk asimilasi budaya. “Tradisi ini merupakan bentuk asimilasi antara kebudayaan Nasrani dengan kebudayaan Hindu Bali,” ujar Putu Parwata.

Tidak hanya tradisi penjor, menjelang natal umat nasrani juga memiliki tradisi yang sama dengan umat Hindu sesaat sebelum perayaan Galungan yakni tradisi Ngejot atau membagi-bagi kue atau buah kepada tetangga. “Ini sebagai bentuk toleransi antar umat beragama,” imbuh Parwata.

Nuansa Bali memang terasa cukup kental di wilayah ini, khususnya di Banjar Tuka, yang jumlah umat nasraninya mencapai 800 kepala keluarga (KK). Selain tradisi “Menjor” dan Ngejot, saat Misa Natal mereka datang ke Gereja menggunakan pakaian adat Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.