Malam Ini, Janji Foke Ditunggu Jemaat

Kompas.com - 24/12/2010, 18:04 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Janji Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo untuk merestorasi dan mengonservasi atap-atap GPIB Immanuel yang rusak, sebagaimana diutarakan pada Natal 2009 lalu, akan kembali ditanyakan pada Natal 2010. Rencananya, Foke akan datang ke GPIB Immanuel pada kebaktian Natal yang digelar pada Jumat (24/12/2010) malam ini.

"Realisasinya belum sama sekali. Mungkin karena ada prioritas lain seperti banjir dan macet. Yang jelas, kami akan menanyakan realisasinya," kata Pendeta/Ketua Majelis Jemaat GPIB Immanuel Denny Matulapelwa kepada Kompas.com, Jumat (24/12/2010).

Denny mengatakan, berdasarkan penelitian pengurus GPIB Immanuel, biaya proses restorasi dan konservasi diperkirakan menelan antara Rp 10 miliar dan Rp 12 miliar.

"Saat ini, dana yang terkumpul dari jemaat sekitar Rp 1,2 miliar. Penggalangan dana sudah dilakukan sejak 2-3 tahun," katanya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, kerusakan parah terlihat di salah satu siku atap gereja. Siku atap itu runtuh dan tonjolan batu bata terlihat. Selain itu, dinding bangunan di beberapa titik dan tiang-tiang bangunan juga sudah mengeropos. Kaca di beberapa jendela pecah. Tanaman liar pun tumbuh di atas bangunan tersebut.

Seperti diwartakan, ketika menyapa jemaat GPIB pada Natal 2009, Gubernur DKI berjanji akan membantu memperbaiki langit-langit Gereja Immanuel yang mulai keropos.

"Hari ini saya melihat ada kerusakan. Besok saya akan mencari orang yang paling ahli untuk memperbaiki ini. Kalau tidak ada ahli di Indonesia, saya akan mencari kawan-kawan saya yang ada di negeri Belanda," ujar Gubernur di hadapan para jemaat Gereja Immanuel kala itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.