Ribuan Jemaat Mulai Padati Katedral

Kompas.com - 24/12/2010, 16:44 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan umat Katolik mulai berdatangan ke Gereja Katedral, Jakarta Pusat, untuk mengikuti Misa Malam Natal pertama, Jumat (24/12/2010) sore. Misa pertama akan dilangsungkan pukul 17.00.

Kendati demikian, jemaat mulai berdatangan sejak pukul 15.00 dan semakin padat pada pukul 16.00. Seorang jemaat, Lucia, mengaku, datang lebih awal agar mendapat tempat di dalam gereja.

"Tahun kemarin, saya datang mendekati waktu misa, dapat duduknya di luar. Tahun ini ingin lebih khidmat dengan beribadah di dalam gereja," kata Lucia, sesaat tiba di Gereja Katedral bersama keluarganya.

Pantauan Kompas.com, untuk tindakan pengamanan setiap jemaat yang akan memasuki area gereja juga diperiksa termasuk barang-barang bawaannya. Pemeriksaan oleh petugas keamanan gereja itu menggunakan metal detector.

Sementara itu, ratusan polisi juga telah disebar di sejumlah titik di sekitar Gereja Katedral. Arus lalu lintas di depan Gereja Katedral tampak mulai padat. Para polisi membantu jemaat yang akan menyeberang menuju gereja setelah memarkir kendaraannya di halaman parkir Masjid Istiqlal.

Diperkirakan, sekitar 3000 jemaat akan mengikuti Misa Malam Natal. Namun, pada misa pertama ini, jemaat sudah memenuhi seluruh area dan tenda-tenda yang berisi tempat duduk. Adapun misa kedua akan diadakan pada pukul 19.00 dan misa terakhir pukul 22.00 WIB. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.