Buka-Tutup Jalur di Seputar Katedral

Kompas.com - 24/12/2010, 15:44 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang akan melintasi kawasan Pejambon dan Lapangan Banteng, bersiap untuk menghadapi sistem buka-tutup jalur yang menuju Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (24/12/2010) petang hingga malam nanti.

Kapolsek Sawah Besar, Kompol Luthfi Sulistiawan mengatakan, buka-tutup jalur akan dilakukan menjelang pelaksanaan Misa Malam Natal di Gereja Katedral. Hal itu, kata Luthfi, untuk mengantisipasi kepadatan dan tersendatnya arus lalu lintas di kawasan tersebut.

"Seluruh jemaat akan memarkir kendaraannya di Masjid Istiqlal. Jadi, mereka akan menyeberang ke Gereja Katedral dengan berjalan kaki. Sistem buka-tutup akan diberlakukan untuk melancarkan jemaat," kata Luthfi seusai memimpin apel pengamanan di Halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat.

Jalur yang akan diterapkan sistem buka-tutup yaitu jalur Lapangan Banteng Utara akan dialihkan ke arah Pejambon. "Tetapi hanya jam tertentu saja, pada saat menjelang jam misa Natal," ujarnya.

Pelaksanaan Misa Malam Natal akan dilakukan pada pukul 17.00, 19.30 dan 22.00. Petugas akan mengamankan di tujuh titik yang telah ditentukan, di antaranya pintu masuk dan keluar gereja serta beberapa pintu samping yang menjadi akses para pengunjung.

Selain itu, disiagakan pula mobil pemadam kebakaran dan ambulans. Pemeriksaan juga akan dilakukan terhadap para jemaat dan mereka yang memasuki area Gereja Katedral.

Dari hasil penyisiran yang berlangsung pagi tadi, tidak ditemukan sesuatu yang mencurigakan. "Alhamdulillah, dari hasil penyisiran, semuanya aman. Semoga hingga selesai perayaan Natal," kata Luthfi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.