Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka-Tutup Jalur di Seputar Katedral

Kompas.com - 24/12/2010, 15:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang akan melintasi kawasan Pejambon dan Lapangan Banteng, bersiap untuk menghadapi sistem buka-tutup jalur yang menuju Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (24/12/2010) petang hingga malam nanti.

Kapolsek Sawah Besar, Kompol Luthfi Sulistiawan mengatakan, buka-tutup jalur akan dilakukan menjelang pelaksanaan Misa Malam Natal di Gereja Katedral. Hal itu, kata Luthfi, untuk mengantisipasi kepadatan dan tersendatnya arus lalu lintas di kawasan tersebut.

"Seluruh jemaat akan memarkir kendaraannya di Masjid Istiqlal. Jadi, mereka akan menyeberang ke Gereja Katedral dengan berjalan kaki. Sistem buka-tutup akan diberlakukan untuk melancarkan jemaat," kata Luthfi seusai memimpin apel pengamanan di Halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat.

Jalur yang akan diterapkan sistem buka-tutup yaitu jalur Lapangan Banteng Utara akan dialihkan ke arah Pejambon. "Tetapi hanya jam tertentu saja, pada saat menjelang jam misa Natal," ujarnya.

Pelaksanaan Misa Malam Natal akan dilakukan pada pukul 17.00, 19.30 dan 22.00. Petugas akan mengamankan di tujuh titik yang telah ditentukan, di antaranya pintu masuk dan keluar gereja serta beberapa pintu samping yang menjadi akses para pengunjung.

Selain itu, disiagakan pula mobil pemadam kebakaran dan ambulans. Pemeriksaan juga akan dilakukan terhadap para jemaat dan mereka yang memasuki area Gereja Katedral.

Dari hasil penyisiran yang berlangsung pagi tadi, tidak ditemukan sesuatu yang mencurigakan. "Alhamdulillah, dari hasil penyisiran, semuanya aman. Semoga hingga selesai perayaan Natal," kata Luthfi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com