Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Papua Jaga 7.323 Gereja

Kompas.com - 23/12/2010, 19:09 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Papua menjamin kalender keamanan dan ketertiban Hari Raya Natal dan Tahun Baru dapat berlangsung aman dan kondusif seperti tahun-tahun lalu. Di seluruh 7.323 gereja di Provinsi Papua dan Papua Barat akan ditempatkan sejumlah personel untuk menjamin kekhusyukan ibadah.

"Kami kerahkan semua personel, 14.000 anggota polisi, untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru," kata Kapolda Papua, Irjen Bekto Suprapto, Kamis (23/12/2010) sore, usai memimpin Gelar Pasukan Operasi Lilin 2010 di Lapangan Sekolah Polisi Negara, Kota Jayapura.

Dalam gelar pasukan itu dihadiri Panglima Kodam XVII Cenderawasih Brigadir Jenderal Erfi Triassunu, Komandan Pangkalan TNI AL X Jayapura Laksamana Pertama Uus Kustiwa, Komandan Pangkalan TNI AU Sentani Kolonel (Pnb) Andi Wahyudi, dan Wakil Kepala Polda Papua Brigadir Jenderal Unggung Cahyono, serta seluruh jajarannya. Gubernur Papua Barnabas Suebu diwakili Kepala Dinas Kesehatan Papua Bagus Sukaswara.

Bekto mengatakan Polda Papua tidak hanya fokus pada pengamanan ibadah, melainkan juga pengamanan tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan jalan raya. "Pasalnya, usai beribadah, warga akan bersama keluarga memadati tempat wisata dan saling bersilaturahmi. Kecelakaan lalu lintas juga harus diwaspadai masyarakat," ucapnya.

Ia menjelaskan Papua merupakan daerah mayoritas Nasrani yang merayakan Natal. Oleh karena itu, ia mengharapkan agar anggota polisi dari Polda hingga Kepolisian Sektor bersikap waspada dan merangkul warga setempat dalam pengamanan wilayah.

Bekto menjelaskan saat pengamanan Natal dan Tahun Baru anggotanya diharapkan tidak mengajukan cuti atau izin. "Cuti diatur, sebelum dan sesudah hari raya," ucapnya.

Ia mengatakan bertugas saat hari raya juga merupakan ibadah. "Saya pernah ke Arab Saudi dan menanyakan kepada polisi di sana. Saat Idul Fitri juga masuk, mereka bilang selesai shalat langsung bertugas lagi. Jadi bisa diatur waktu untuk ibadah dan bertugas," ucap mantan Kepala Polda Sulawesi Utara ini.

Kota Jayapura

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Polres Jayapura Kota Ajun Komisaris Dominggus Rumaropen mengatakan telah menyiagakan 378 personel. "Mereka akan mengamankan 181 gereja dan lokasi-lokasi strategis serta keramaian saat hari raya Natal dan Tahun Baru," ucapnya.

Ia mengatakan hingga kini kondisi Kota Jayapura aman dan kondusif. Pihaknya masih menggiatkan razia senjata tajam dan senjata api serta rutin melakukan patroli motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com