Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Garuda Obati Warga Lebanon

Kompas.com - 22/12/2010, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasukan TNI dari Satuan Tugas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/Unifil (Indonesian Battalyon/Indobatt) yang bertugas di wilayah konflik ternyata tidak hanya sekedar memantau perbatasan antara Israel dan Lebanon Selatan. Mereka juga mampu melakukan tindakannya nyata bagi warga Lebanon. Salah satunya dengan mengadakan pengobatan gratis. Tepatnya di desa Deir Syirien, Lebanon Selatan, Selasa, (21/12/2010).

Dari rilis TNI yang diterima oleh Kompas.com, pengobatan dimulai sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Pengobatan gratis ini juga didukung oleh tim Kesehatan Batalyon Perancis yang dipimpin oleh Kapten Henninot serta dibantu oleh anggota Kompi Charlie Konga XXIII-E/Unifil dibawah pimpinan Lettu Marinir Arismoko.

Menurut dokter Indobatt Lettu Ckm Paulus, rata-rata pasien yang berobat berusia lanjut . Sebagian besar mengalami sakit flu, sesak nafas, dan ada beberapa pasien yang mengalami sakit mata serta osteoporosis. Pemeriksaan dilakukannya bersama empat anggota peleton Kesehatan Indobatt.

Sementara itu, Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Hendy Antariksa mengaku kegiatan ini merupakan komitmen Satgas Konga XXIII-E untuk mendapatkan tempat di hati dan pikiran masyarakat Lebanon terutama warga Desa Deir Syirien.

"Melalui penerimaan yang baik oleh masyarakat, maka terdapat suatu harapan yang positif untuk mencapai keberhasilan dalam melaksanakan misi perdamaian yang dilakukan oleh Satgas Konga XXIII-E/Unifil di Lebanon Selatan," ujar Letkol Inf Hendy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com