Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidangan Canton untuk Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 22/12/2010, 11:14 WIB

KOMPAS.com - Ingin bersantap bersama keluarga besar pada hari raya Natal atau Tahun Baru nanti? Silakan berkunjung ke Crystal Jade Restaurant, rumah makan berkonsep fine dining yang menyajikan hidangan ala Canton.

Sebelum Anda berangkat ke salah satu restoran Crystal Jade, cobalah untuk mengenali jenisnya lebih dulu. Sebab, Crystal Jade Culinary Concepts Holding sebenarnya berbeda-beda antara restoran satu dengan yang lainnya.

Bila berkunjung ke Pacific Place, Anda bisa menemukan empat jenis restoran, yaitu Crystal Jade Restaurant, Crystal Jade Teochew Restaurant, A Presto by Crystal Jade, dan Crystal Jade My Bread. Teochew, misalnya, mengutamakan kesegaran bahan dan cooking style-nya. A Presto, menyajikan tapas, atau berbagai snack dan appetizer ala Spanyol. Sedangkan Crystal Jade Restaurant menghidangkan dim sum dan sajian BBQ ala Hong Kong dan masakan Canton.

Di Grand Indonesia Shopping Mall, Crystal Jade hadir dalam konsep La Mian Xiao Long Bao * Exquisite, Crystal Jade Palace Restaurant * Exquisite, dan Crystal Jade Meal3 * Exquisite, dan Crystal Jade My Bread. La Mian Xiao Long Bao, sesuai namanya, menyediakan beragam masakan khas Shanghai seperti dumpling soup dan mi buatan tangan. Di C-Jade Meal3 atau Meal Plus, Anda bisa menikmati aneka bubur, sup, dan mi Canton. Jika ingin mencari roti, cake, atau penganan Barat dan Timur lain, silakan bertandang ke My Bread.

Namun jika Anda belum pernah bersantap di restoran Crystal Jade manapun, cobalah mengunjungi Crystal Jade Restaurant * Exquisite, seperti yang terletak di Plasa Senayan. Akan sulit menemukan suguhan apa yang layak dinikmati, karena semua menu menawarkan kelezatan yang sama.

Sebagai hidangan pembuka, cobalah Asparagus with Crab Meat Thick Soup (Sup Asparagus dengan Daging Kepiting, Rp 40.000). Di Canton, sup semacam ini dipercaya memiliki peran dalam menyeimbangkan Yin dan Yang. Supnya sendiri, kental dan manis karena kepitingnya, menggunakan asparagus segar (bukan kalengan). Tambahkan irisan cabe rawit dan kecap asin jika Anda ingin cita rasanya lebih gurih.

Marinated Goose in Teochew Style (Daging Angsa ala Teochew, Rp 78.000) perlu dicicipi selanjutnya. Pengolahan masakan dari Chaozhou ini sungguh ribet. Daging angsanya diasinkan dulu dalam rendaman saus yang dibuat dari berbagai herbal China, semalaman. Hasilnya, bumbu sangat meresap, dan membuat dagingnya empuk.

Siapa yang tak suka iga sapi? Pan-fried Beef Short Rib (Iga Sapi Goreng, Rp 98.000) disajikan dalam potongan-potongan kecil. Cara mengolahnya sederhana saja, hanya digoreng dengan irisan bawang putih untuk menonjolkan rasa asli iga sapinya. Sangat mudah diiris hanya dengan garpu, dan iga sapi ini langsung terasa lumer di mulut.

Direbus, dibakar, atau digoreng, udang tetap jadi hidangan lezat. Pada menu Fried Prawn with Lemon and Salad Sauce (Udang Goreng dengan Saus Salad dan Lemon, Rp 98.000), udang digoreng hingga berwarna kuning keemasan, lalu dicampur dengan lemon dan saus salad. Rasanya manis, asin, dan sedikit asam.

Makan tidak akan lengkap tanpa nasi. Namun, restoran China umumnya menghidangkan nasi pada bagian akhir. Cukup cerdik untuk mencegah Anda mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat. Untuk itu, coba Crystal Jade Signature Fried Rice (Nasi Goreng ala Crystal Jade, Rp 65.000). Nasi goreng ini tidak menggunakan terlalu banyak kecap manis atau saus tomat, sehingga warnanya cenderung putih kekuningan. Disajikan dengan conpoy (sejenis kerang), udang, dan buncis.

Masih banyak menu yang bisa Anda nikmati. Sebagai hidangan pencuci mulut, Anda bisa mencoba Soya Beancurd with Avocado (Kembang Tahu dengan Alpukat, Rp 25.000). Kembang tahu (atau biasa disebut tawa di Surabaya) memang jajanan kampung, namun di restoran ini kembang tahu seolah "naik kelas". Sari tahunya yang bertekstur lembut menjadi makin creamy dan bergizi karena dimasak dengan alpukat. Bedanya lagi, kembang tahu ini disajikan dingin.

Untuk menyambut Natal, Crystal Jade juga menawarkan aneka cake, yang tersedia hingga 2 Januari 2011. Anda bisa memilih log cake atau cupcake, atau hidangan khusus untuk take away party seperti Mini BBQ Chicken Pie, Mushroom Ravioli, Roasted Chicken with Homemade Sauce, Beef Lasagna, Baked Fish Fillet, dan masih banyak lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com