Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tempur Israel Serbu Gaza

Kompas.com - 21/12/2010, 08:14 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com Pesawat-pesawat tempur Israel melancarkan empat serangan ke Jalur Gaza, Senin (20/12/2010) malam. Dua gerilyawan Palestina dilaporkan terluka, demikian menurut sumber medis Palestina dan saksi mata, Selasa pagi.

Serangan-serangan itu terjadi setelah gerilyawan Palestina menembakkan sembilan mortir ke wilayah Israel selatan, Senin, yang jatuh di lapangan terbuka dan tidak menimbulkan korban, kata pihak militer.

Tiga serangan lainnya ditargetkan ke kota Khan Younis di selatan wilayah yang dikuasai Hamas. Serangan tersebut mencederai dua pejuang, seorang di antara mereka luka serius, kata sumber-sumber itu. Serangan lain terjadi di satu kota di utara dan tidak menyebabkan korban atau kerusakan. Militer Israel tidak membantah atau membenarkan laporan-laporan tersebut.

Dua putaran mortir ditembakkan ke Israel dari Gaza, Minggu, beberapa jam setelah pesawat tempur Israel hari Sabtu malam menghantam Gaza tengah yang menewaskan lima pejuang pada saat mereka diduga akan melancarkan serangan roket, kata militer Israel dan saksi mata.

Serangan tersebut merupakan salah satu serangan paling mematikan sejak Israel menyerbu penguasa Gaza, Hamas, pada Desember 2008-Januari 2009, dengan nama sandi Operasi Cast Lead, yang mengakibatkan 1.400 warga Palestina, sebagian besar penduduk sipil, dan 13 orang Israel, 10 di antaranya serdadu, tewas. Gaza merupakan wilayah bangsa Palestina yang dicaplok Israel dalam perang tahun 1967 yang dikutuk masyarakat internasional. Sejak Operasi Cast Lead, jumlah serangan roket menurun tetapi pihak militer Israel mengatakan, lebih dari 200 roket dan mortir telah ditembakkan oleh gerilyawan Palestina dalam tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com