Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan "Hajar" Konvoi NATO

Kompas.com - 20/12/2010, 19:14 WIB

KOMPAS.com — Kelompok militan bersenjata menyerang konvoi pasukan NATO di kawasan Pakistan barat laut. Para penyerang yang bersenjatakan roket dan senapan serbu membakar dua truk tangki pembawa bahan bakar.

Menurut warta AP dan AFP pada Senin (20/12/2010), dalam insiden itu, seorang sopir dan kondekturnya luka bakar ketika truk yang mereka bawa terbakar di kawasan Khyber. Lalu lintas sepanjang rute dekat kota Jamrud dihentikan karena insiden ini.

Pejabat Pakistan Arshad Khan Afridi mengatakan, "Sebuah truk tangki bahan bakar milik pasukan NATO di Afganistan terbakar setelah militan menyerang dengan roket dan senapan serbu."

Militan Taliban dan kadang-kadang geng kriminal acap menyerang truk-truk di rute utama jalur pasukan NATO ke Afganistan. Pakistan menutup lalu lintas di perbatasan barat untuk konvoi NATO hampir dua minggu pada Oktober setelah serangan helikopter NATO menewaskan dua tentara Pakistan. Sejumlah kendaraan pasokan NATO hancur dalam serangan bersenjata dan pembakaran ketika pos perbatasan ditutup saat itu.

Pasokan makanan dan peralatan tentara asing di Afganistan dikirimkan melalui kawasan Khyber. Namun, Amerika Serikat sekarang sering menggunakan jalur lain di Asia Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com