Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Pendaki Lakukan Aklimatisasi

Kompas.com - 19/12/2010, 18:37 WIB

CONFLUENCIA, KOMPAS.com - Setelah tiba di Confluencia pada Sabtu (18/12/2010) sore, tim ekspedisi tujuh puncak dunia mulai melakukan proses aklimatisasi dengan mendaki menuju Plaza Francia (3.910 meter di atas permukaan laut), Minggu (19/12/2010) pagi. Aklimatisasi ditujukan untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian dan suhu.

Tim berjalan dari Confluencia yang berada di ketinggian 3.400 mdpl dan masuk dalam jalur normal menuju Plaza Francia yang berada di jalur Polish Glacier. Tim harus bergerak bersama-sama (moving together) untuk menuju Plaza Francia karena terpaan angin yang sangat kencang dan di beberapa tempat terdapat medan bersalju.

Dengan melakukan proses aklimatisasi, penyakit ketinggian (acute mountain sickness) dapat terhindarkan. Selain itu, setiap anggota tim dapat mengetahui sejauh mana ketahanan tubuhnya terhadap ketinggian yang memiliki tekanan rendah dan oksigen tipis.

Di Confluencia, tim akan menginap selama dua malam sebelum melanjutkan perjalanan menuju base camp Plaza de Mulas (4.230 mdpl). Selain melakukan proses aklimatisasi, tim juga menjalani tes medis untuk mengukur tekanan darah dan saturasi oksigen dalam darah.

Confluencia merupakan lembah dengan dataran luas yang terbuka dengan terpaan angin cukup kencang dan suhu mencapai 0 derajat celcius. Sebelum menuju Confluencia, tim menginap di Puente del Inca kemudian menggunakan minibus menuju Horocones Valley untuk mendaftarkan diri untuk mendaki.

Tim tiba di Confluencia pada Sabtu sore setelah menempuh perjalanan selama 3,5 jam dari Horocones Valley, pintu masuk Taman Provinsi Aconcagua. Perjalanan menuju Confluencia dipenuhi dengan medan tanah berbatu dengan terpaan angin kencang. "Namun, terpaan angin itu tidak ada apa-apanya dibandingkan angin di atas Plaza de Mulas nanti," kata Andres Girotti, pemandu dari agen pendakian Aymara, yang biasa disapa Lauche.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com