Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpaan Badai Salju Kacaukan Eropa

Kompas.com - 19/12/2010, 03:11 WIB

LONDON, SABTU - Sepekan menjelang hari Natal, gelombang hawa dingin dari kawasan Artik kembali menyerang Eropa, menyebabkan hujan salju lebat dan suhu dingin ekstrem. Kekacauan transportasi, termasuk kecelakaan yang merenggut korban jiwa, melanda hampir semua benua.

Maskapai penerbangan utama Inggris, British Airways, membatalkan seluruh penerbangan dari Bandara Heathrow dan Bandara Gatwick, London, mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00, Sabtu (18/12). Bandara Gatwick bahkan ditutup sama sekali karena landasan pacu tertutup salju setebal 5 sentimeter (cm).

Penerbangan di Bandara Southampton, Birmingham, Exeter, London City, Aberdeen, dan Cardiff juga terganggu.

Perjalanan darat menggunakan mobil dan kereta api terganggu setelah badai salju menghantam sebagian besar Inggris bagian barat, Irlandia Utara, dan Skotlandia. Salju juga menutup kawasan selatan Inggris, setelah suhu anjlok sepanjang malam sejak Jumat.

Di kota Chesham, sekitar 40 kilometer (km) sebelah utara London, suhu udara tercatat minus 13 derajat celsius. Sementara di Gatwick, suhu dilaporkan mencapai minus 11 derajat celsius.

Di tengah suhu ekstrem tersebut, ratusan pengendara mobil di Lancashire, Inggris barat laut, terpaksa menghabiskan malam di mobil karena jalan utama tertutup setelah terjadi kecelakaan.

Kantor meteorologi Inggris MetOffice melaporkan, kondisi terparah terjadi di Merseyside, dengan curah hujan salju mencapai 12-18 cm sepanjang malam.

Tumpukan salju dan lapisan es di jalan raya membuat polisi mengeluarkan peringatan agar warga tidak melakukan perjalanan keluar rumah kecuali dalam keadaan darurat.

Empat pertandingan sepak bola di Liga Primer Inggris juga dibatalkan karena kondisi cuaca, yakni antara Liverpool-Fulham, Wigan-Aston Villa, Birmingham-Newcastle United, serta Arsenal-Stoke. Kejuaraan dunia ski di Val d’Isere, Perancis tenggara, juga dibatalkan.

Salju pertama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com