Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bashir Doyan "Makan" Duit

Kompas.com - 18/12/2010, 20:00 WIB

KOMPAS.com – Andai tuduhan ini benar, boleh jadi Presiden Sudan Omar al-Bashir tak bisa tidur. WikiLeaks menunjukkan kabel diplomatik AS yang dibocorkan. Di situ tertulis, Bashir sudah “melahap” uang negara sebanyak 9 miliar dollar AS. Bashir menyimpan fulus itu di sejumlah rekening di luar negeri.

Para diplomat, sebagaimana warta The Guardian pada Sabtu (18/12/2010) mengutip jaksa utama Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) yang mengatakan banyak uang tersebut kemungkinan disimpan di bank-bank London. Tapi, Sudan membantah hal itu.

Kabel diplomatik tersebut mengutip jaksa utama ICC, Luis Moreno Ocampo, yang mengatakan kepada para pejabat AS bahwa sebagian dana itu mungkin ditahan oleh Grup Bank Lloyds yang sebagian sahamnya dipegang pemerintah Inggris.

Menurut laporan, Ocampo mengatakan sudah tiba saatnya membuka skala penilapan yang dilakukan Bashir. "Ocampo mengatakan, kalau pencurian uang oleh Bashir itu diungkapkan, maka hal ini bisa mengubah opini publik rakyat Sudan dari semula yang melihat dia sebagai 'penegak agama' menjadi penilap," kata laporan yang dibuat oleh seorang pejabat senior AS.

Menanggapi penyimpanan itu, Lloyds Bank mengatakan tidak ada bukti pihaknya menyimpan dana atas nama Bashir. "Kami sama sekali tidak memiliki bukti yang menunjukkan adanya kaitan antara Kelompok Bank Lloyds dan Bashir. Kebijakan kelompok kami adalah mematuhi hukum dan kewajiban dalam semua yurisdiksi tempat kami beroperasi," kata bank itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com