Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Tiba di Puente del Inca

Kompas.com - 18/12/2010, 09:55 WIB

PUENTE DEL INCA, KOMPAS.com - Tim ekspedisi tujuh puncak dunia tiba di Puente del Inca yang berada di ketinggian 2.725 meter di atas permukaan laut (mdpl) setelah menempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dari Mendoza, Argentina, Jumat (17/12/2010) sore atau Sabtu dini hari (18/12/2010) waktu Indonesia. Tim akan menginap di Puente del Inca sebelum memulai pendakian Aconcagua pada Sabtu pagi.

Puente del Inca yang artinya dalam bahasa setempat adalah Jembatan Inca merupakan kota kecil terakhir yang penuh dengan embusan angin kencang sebelum pendakian dimulai. Dalam pendakian hari pertama menuju puncak Aconcagua (6.962 mdpl), tim berangkat dengan menggunakan mobil ke Laguna de Horocones yang sudah masuk di kawasan Taman Nasional Aconcagua. Di lokasi ini, petugas akan mengecek izin pendakian para pendaki.

Setelah itu, tim akan melanjutkan dengan berjalan kaki menuju Confluencia yang berada di ketinggian sekitar 3.300 mdpl. Pendakian yang dilakukan lewat jalur normal ini dipandu oleh guide dari agen pendakian Aymara.

Sebagian barang tim yang dibawa dari Puente del Inca diangkut oleh mules (hewan sejenis bagal) menuju Confluencia dan base camp Plaza de Mulas (4.230 mdpl). Perjalanan ke Confluencia yang akan dicapai sekitar 3-4 jam akan diwarnai dengan medan berbatu yang gersang sehingga anggota tim disarankan untuk membawa air setidaknya dua liter per orang.

Sebelum berangkat menuju Puente del Inca, tim terlebih dulu mengurus perizinan di kantor Taman Nasional Aconcagua yang berada di Mendoza dan membeli sejumlah peralatan dengan ditemani tiga orang guide dari Aymara yang dikoordinasi oleh Andre Lauche.

Sejak perjalanan dimulai dari Puente del Inca, tim akan mengoptimalkan aklimatisasi dengan berjalan tidak terburu-buru dan menginap di setiap kamp pemberhentian.

Menurut Andre Lauche, proses aklimatisasi ini yang menjadi salah satu penentu keberhasilan pendakian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com