Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santapan Italia di Malam Natal

Kompas.com - 18/12/2010, 09:28 WIB

KOMPAS.com - Pohon Natal lengkap dengan lampu berkelap-kelip sudah mulai tampak di hotel dan mal di Jakarta. Sebagian besar hotel sudah menyiapkan santap malam spesial untuk merayakan malam Natal di restoran-restoran yang dimiliki hotel tersebut.

Salah satu hotel tersebut adalah Hotel Aryaduta Semanggi. Hotel Aryaduta Semanggi, Jakarta memiliki restoran Italia yang menjadi andalan mereka yaitu Porta Venezia. Restoran ini sudah lama ada, umurnya sudah lebih dari 10 tahun dan pertama kali buka di saat restoran Italia di Jakarta masih jarang. Porta Venezia mengusung konsep fine dining. Tapi jika Anda ingin benar-benar merasakan fine dining dengan menu Italia diiringi lantunan musik akustik, datanglah di malam hari selepas pukul 18.00. Nuansa romantis sangat kental terasa.

Porta Venezia terkenal dengan menu-menu pasta, risotto, dan pizza khas Italia Selatan. Chef Yudhi Dwi Guna, Executive Chef Porta Venezia, menjelaskan bumbu-bumbu sebagai bahan dasar masakan Italia bagian selatan tidak terlalu jauh berbeda dengan kawasan Mediterania seperti Turki, Mesir, dan Yordania. Karakteristiknya ada di pemakaian tomat yang banyak. Selain itu tidak terlalu banyak memakai krim, tapi lebih banyak menggunakan rempah-rempah dan minyak zaitun. Sehingga rasanya lebih ringan dan segar.

Makan malam khas Italia pun ada seninya. Seni ini dapat Anda nikmati di Porta Venezia. Khusus untuk perayaan Natal, Chef Yudi sudah mengkreasikan menu spesial yang hanya muncul di malam Natal. Jadi menu ini hanya keluar di satu hari saja yaitu tanggal 24 Desember 2010. Menu spesial santap malam ini terdiri dari set menu lengkap khas Italia yang terdiri dari antipasto, primo, secondo, contorno, dan dolce. Kompas.com berkesempatan mencoba set menu lengkap yang menggiurkan ini.

Antipasto atau hidangan pembuka yang ditawarkan dalam menu set santap malam adalah Pan Seared Black Pepper Scallop on Chick Peas Pesto with Rice Prawn Gravy and Glazed Capers. Kerang kampak warna putih susu berpadu dengan pesto berwarna hijau dan gravy warna cokelat. Paduan harmonis di mata maupun di lidah.

Pesto adalah saus khas Italia yang terbuat dari daun basil, tapi Chef Yudi mencampurnya dengan kacang polong. Sementara gravy adalah saus kental dari kaldu daging. Tapi Chef Yudi mengganti kaldu daging dengan kaldu udang agar rasanya tidak bertengkar dengan kerang kampak. Daging kerang kampak yang lembut dengan rasa yang cenderung tawar sangat cocok dimakan bersama pesto yang doniman rasa kacang polong serta asinnya gravy.

Tentu Anda tidak akan puas hanya dengan menyantap antipasto. Karena itu, piring selanjutnya adalah primo. Primo atau hidangan awal sebelum hidangan utama biasanya berupa makanan yang disajikan panas seperti pasta, risotto, atau sup. Kali ini, Porta Venezia memilih sup dalam set menu, yaitu Green Peas Emulsion Soup with Shredded Herbs Chicken. Piring sup yang dihidangkan langsung menarik perhatian karena warna hijau yang menyolok. Sup yang terbuat dari kacang polong ini terasa lembut dan aroma kacang yang kuat. Rasanya sangat ringan dan selintas rasa legit dari krim manis. Perpaduan rasa tawar kacang polong dan manis krim yang pas.

Sementara itu, ada dua pilihan secondo atau hidangan utama yang bisa Anda pilih. Kedua pilihan tersebut adalah Roasted Whole Turkey atau Roasted Rib Eye. Roasted Whole Turkey atau kalkun yang dipanggang lebih nikmat jika disantap dengan saus Cranberries dan gravy dari kaldu daging. Sementara Roasted Rib Eye cocok dengan saus jamur dan mustard.

Khusus untuk secondo, kedua hidangan disajikan secara prasmanan dan dapat disantap sepuasnya. Tapi tamu harus memilih di antara kedua menu tersebut. Kompas.com mencoba Roasted Rib Eye yang merupakan daging dari New Zealand yang teksturnya sedikit lebih keras tapi tetap empuk saat dikunyah.

Layaknya hidangan lengkap Italia, secondo tentu saja ditemani oleh contorno atau makanan pelengkap berupa sayuran. Contorno yang ada di set menu adalah Herbs Baby Potatoes yaitu kentang yang dipanggang dengan aneka rempah-rempah yang biasa ada di hidangan Italia dan Perancis antara lain basil, thyme, dan lain-lain. Serta Broccoli Gratin atau brokoli yang dipanggang dengan keju. Renyahnya brokoli yang dipanggang dengan pas bercampur dengan lelehan keju. Paduan cantik manisnya brokoli dan asin keju.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com