Pakaian Baru Astronot Lebih Sehat

Kompas.com - 17/12/2010, 14:00 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Peneliti gabungan dari Man-Vehicle Laboratory Massachusetts Institute of Technology tengah mengerjakan prototipe satu setel pakaian khusus untuk para penjelajah antariksa alias astronot. Pakaian tersebut dirancang lebih sehat agar dapat membantu mengurangi terjadinya kehilangan massa tulang saat berada di ruang angkasa.

Beberapa penelitian menunjukkan adanya kondisi gangguan fisiologis selama penerbangan angkasa yang berdurasi panjang meskipun astronot melakukan latihan fisik setiap hari selama dua jam. Kasus yang sering terjadi adalah berkurangnya massa tulang (bone loss) akibat tak ada daya gravitasi.

Setelan yang disebut gravity loading countermeasure skinsuit (GLCS) ini melekat pas di badan. Pakaian ini menambah tekanan pada tulang. Besarnya tekanan itu mirip tekanan pada saat orang berada di gravitasi Bumi. GLCS didesain tanpa lengan karena lengan astronot tidak terlalu terpengaruh. GLCS dibuat untuk dipakai dalam pesawat.

Pakaian untuk berjalan di luar pesawat berbeda. Seperti dijelaskan kepala peneliti James Waldie, pakaian tersebut harus memiliki keketatan yang pas. "Seperti korset untuk seluruh tubuh karena pakaian itulah yang menjaga tekanan pada saat astronot berada di ruang angkasa," kata Waldie.

Waldie juga mengatakan kepada Discovery News bahwa GLCS menekan tubuh secara vertikal, bukan di sekitar tubuh. GLCS berusaha membuat orang yang mengenakannya menjejak di tanah, seperti efek berat badan ketika orang berdiri.

NASA sempat tertarik mengembangkan pakaian untuk dipakai di luar pesawat, tetapi penelitian tersebut ditunda karena masalah teknis dan operasional.

GLCS sendiri sudah diuji oleh MIT dan European Space Agency selama beberapa menit di ruang tanpa gravitasi. Prototipe generasi kedua, yang menambah tekanan pada kaki bagian bawah, sedang dikembangkan.(National Geographic Indonesia/Gloria Samantha)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.